Kasus Suap Tersangka Bupati Talaud Capai Nilai Rp 6 Miliar

Kasus Suap Tersangka Bupati Talaud Capai Nilai Rp 6 Miliar

Barang bukti yang diamankan KPK dalam OTT Bupati Talaud. (foto - ist)

Jakarta - Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap revitalisasi pasar. Sri diduga meminta fee 10 persen dari proyek, yang bernilai sekitar Rp 6 miliar.
 
"Nilainya proyeknya sekitar Rp 5 - 6 miliar," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (30/4/2019). Sri sendiri ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap revitalisasi Pasar Lirung dan Pasar Beo.
 
KPK pun menetapkan orang kepercayaan Sri, Benhur Lalenoh dan pengusaha Bernard Hanafi Kalalo sebagai tersangka. Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, ada tujuh paket proyek yang harusnya diberikan kepada Bernard.
 
Namun, sejauh ini baru dua proyek yang telah ada realisasinya. "Sebenarnya ada tujuh paket yang harus diberikan ke BHK (Bernhard Hanafi Kalalo) oleh BNL (Benhur Lalenoh). Namun dari hasil pemeriksaan sementara, yang sudah pasti didapat Pasar Lirung dan Beo. Nilainya antara Rp 2,5 miliar dengan Rp 4 miliar," katanya.
 
Total dugaan suap yang diterima Sri Wahyumi Maria Manalip mencapai nilai Rp 513 juta. Suap itu terdiri atas barang mewah dan uang tunai.
 
Dalam OTT terhadap Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, KPK menyita tas mewah hingga berlian dengan nilai ratusan juta rupiah. Selain itu, ada pula jam tangan Rolex yang turut disita tim KPK.
 
"Alat buktinya antara lain ada tas dan arloji Rolex, tapi kita belum bisa mengetahui lebih konkret apa dan bagaimananya," kata Ketua KPK Agus Rahardjo. Bupati Sri menurut Agus, terjaring OTT terkait transaksi haram di balik pengadaan proyek. (Jr.)**
 
Daftar barang bukti yang diamankan KPK:

- Tas tangan Chanel senilai Rp 97.360.000;
- Tas Balenciaga senilai Rp 32.995.000;
- Jam tangan Rolex senilai Rp 224.500.000;
- Anting berlian Adelle Rp 32.075.000;
- Cincin berlian Adelle Rp 76.925.000; dan
- Uang tunai Rp 50 juta.

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,