28 Pelamar Dirjen Pajak Lulus Seleksi Administrasi

28 Pelamar Dirjen Pajak Lulus Seleksi Administrasi

28 Pelamar Dirjen Pajak Lulus Seleksi Administrasi

Jakarta - Panitia seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi madya eselon satu di lingkungan Kementerian Keuangan memastikan sebanyak 28 pelamar telah lulus seleksi administrasi untuk jabatan Dirjen Pajak.
 
"Dari 28 pelamar untuk Dirjen Pajak, 25 merupakan PNS dari lingkungan Kementerian Keuangan, dan tiga dari luar PNS Kementerian Keuangan," kata Wakil Menteri Keuangan, sekaligus Ketua Panitia Seleksi, Mardiasmo saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (28/11/2014).
 
Mardiasmo mengatakan 28 pelamar posisi Dirjen Pajak ini bersama para pelamar lainnya yang mengikuti seleksi pimpinan tinggi madya, akan mengikuti proses seleksi selanjutnya yaitu uji penulisan makalah dan penelusuran rekam jejak.
 
"Untuk uji kelayakan dan rekam jejak kita sampaikan kepada media massa, biar masyarakat yang menilai integritas mereka. Kita diawal juga meminta pendapat PPATK, kalau perlu pada saat konfirmasi terakhir kita minta juga pendapat KPK," katanya.
 
Setelah lulus dari uji penulisan makalah dan penelusuran rekam jejak, para pelamar akan mengikuti seleksi assesment center, pemeriksaan kesehatan, serta wawancara dengan panitia seleksi dan wawancara dengan menteri keuangan.
 
"Pada tahap akhir, tim penilai akan memberikan lima nama untuk masing-masing posisi agar Menkeu punya 'shortlist' yang layak, dan kami tidak akan memberikan ranking, karena Menkeu yang akan merangking sebelum diberikan ke Presiden," ujar Mardiasmo.
 
Anggota panitia seleksi Taufiequrachman Ruki menambahkan dalam seleksi penelusuran rekam jejak, panitia akan meminta bantuan masyarakat termasuk KPK apabila diperlukan, terutama bagi Dirjen Pajak yang diharapkan memiliki kualitas teknis baik.
 
"Posisi pajak ini sangat strategis dan membutuhkan seseorang dengan kompetensi teknis sangat bagus. Untuk itu, semua dilakukan panitia seleksi termasuk menghubungi seluruh institusi yang bisa memberikan 'track record' yang bersangkutan," kata mantan Ketua KPK ini.
 
Selain itu, panitia seleksi juga mengumumkan sebanyak lima orang lulus seleksi administrasi untuk jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal, 16 orang lulus untuk jabatan Kepala Badan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan, 10 orang lulus untuk jabatan Staf Ahli Penerimaan Negara dan 14 orang lulus untuk jabatan Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi.
 
Secara keseluruhan, sebanyak 73 pelamar jabatan pimpinan tinggi madya eselon satu di lingkungan Kementerian Keuangan lulus seleksi administrasi, dengan 52 orang di antaranya berasal dari internal Kementerian Keuangan dan 21 orang dari luar Kementerian Keuangan.
 
Daftar calon Dirjen Pajak antara lain Sekretaris Ditjen Pajak Awan Nurmawan Nuh, Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak Catur Rini Widosari, Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Dadang Suwarna dan Tenaga Ahli Untuk Perjanjian Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Syafri Adnan Baharuddin.
 
Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur Ditjen Pajak Estu Budiarto, Kepala Kanwil Jakarta Timur Ditjen Pajak Hario Damar, Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal Irfa Ampri dan Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Ditjen Pajak Iwan Djuniardi.
 
Kepala Kanwil Banten Ditjen Pajak Muhammad Haniv, Direktur Peraturan Perpajakan II Ditjen Pajak Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, Sekretaris Komite Pengawas Perpajakan Puspita Wulandari dan Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penertiban Sumber Daya Manusia Rida Handanu.
 
Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Robert Pakpahan, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Wajib Pajak Besar Sigit Priadi Pramudito, Pelaksana pada Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak Suryo Utomo dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Abdullah Sani.
 
Kepala Kanwil Jawa Barat II Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji, Kepala Kanwil Jawa Tengah I Ditjen Pajak Edi Slamet Irianto, Kepala Kanwil Jawa Timur I Ditjen Pajak Ken Dwijugiasteadi serta Kepala Kanwil Bengkulu dan Lampung Ditjen Pajak Peni Hirjanto.
 
Kepala Kanwil Riau dan Kepulauan Riau Ditjen Pajak Pontas Pane, Kepala Kanwil Sumatera Utara I Ditjen Pajak Harta Indra Tarigan, Pemeriksa Pajak Madya Ditjen Pajak Ikhsan Thoha dan Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Ihwan Sudrajat.
 
Kepala Kanwil Kalimantan Selatan dan Tengah Ditjen Pajak Mekar Satria Utama, Kepala Kanwil Kalimantan Timur Ditjen Pajak Mohammad Isnaeni, Pemeriksa Pajak Madya Ditjen Pajak Hari Sugiharto dan Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak Wahju Karya Tumakaka. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:pendidikan,