Program PNPM Efektif Membangun Desa

Program PNPM Efektif Membangun Desa

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat diwawancarai. (Foto : cikalnews/Ade)

Bandung - Program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat)  perlu terus dilanjutkan di masa pemerintahan Jokowi – JK, karena telah sukses membantu memajukan pembangunan desa. Program ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat, yaitu alokasi dana bantuan desa sebesar Rp 1 miliar/tahun.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, sebagai pendukung program PNPM, Pemprov Jawa Barat juga mempunyai program bantuan desar sebanyak Rp 100 juta/tahun.

 

“Jika program PNPM masih berjalan, program ini akan saling mengisi dengan program alokasi dana bantuan desa agar pembangunan desa di Jabar bisa terus berjalan,” kata Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (28/11/2014). 

 

Dia menambahkan, program PNPM ini berguna bagi pedesaan karena secara langsung bisa membantu pembangunan infrastruktur pedesaan, seperti jalan dan irigasi.

Saat ini dana yang digunakan untuk PNPM justru digeser ke program dana bantuan desa, meski keduanya hampir sama. Namun para gubernur berharap program PNPM  harus tetap berjalan, didukung dengan dana bantuan desa hingga kesejahteraan rakyat desa lebih meningkat. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:aher,