Nyamar Jadi Pegawai Bank, 4 Pengedar Uang Palsu Diringkus

Nyamar Jadi Pegawai Bank, 4 Pengedar Uang Palsu Diringkus

Lokasi penangkapan 4 pengedar uang palsu di Cilegon Banten. (foto - ist)

Cilegon - Empat pengedar uang palsu merupakan sindikat pelaku penipuan uang asing palsu yang menyamar sebagai pegawai bank berhasil ditangkap di Cilegon Banten.
 
Kapolres Cilegon AKBP Rizky Agung Prakoso mengatakan, keempat pelaku beraksi sejak empat tahun lalu. Keempatnya adalah Rosi (46) asal Palembang, Dedi Wijaya (45) asal Tangerang, Irwan (47) asal Jakarta dan Jamal Hasan (52) asal Surabaya.

"Sudah dua orang, seorang ibu-ibu yang telah menjadi korban dengan kerugian hingga Rp 400 juta," kata Rizky, Rabu (8/5/2019). Modus keempatnya menyamar sebagai pegawai bank, kemudian meminta tolong ke korban untuk membantu menukarkan mata uang asing.

"Uang asing tersebut apabila ditukarkan dalam uang rupiah cukup besar nilainya sekitar Rp 50 juta per lembar. Dengan demikian, mereka menyampaikan kepada korban akan memberi imbalan dengan jumlah yang besar," katanya.

Kapolres mengatakan, pihaknya akan terus menggali dan mengembangkan kasus tersebut. "Menurut pengakuan pelaku, mereka beroperasi antarkota dan provinsi dan sudah beroperasi sejak empat tahun," tegas Kapolres.

Keempat tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan, dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (Jr.)**

.

Tags:,