Rutan kelas IIB Siak Sri Indrapura Dibakar 34 Tahanan Kabur

Rutan kelas IIB Siak Sri Indrapura Dibakar 34 Tahanan Kabur

Api meluluhlantakkan Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura Riau. (foto - ist)

Pekanbaru - Sedikitnya  34  tahanan  Rutan  Kelas  IIB  Siak  Sri  Indrapura  Riau  melarikan diri  saat  terjadi kericuhan yang berujung pembakaran rutan. Kericuhan berawal dari adanya penertiban petugas terhadap tahanan.
 
Menurut Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, sekitar 110 warga binaan sudah dievakuasi ke gedung Serbaguna Maharatu. Sedangkan jumlah keseluruhan warga binaan di Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura mencapai 648 orang.
 
"Kita akan cek berapa jumlah sebenarnya yang ada," kata Widodo Eko, Sabtu (11/5/2019). Ia mengaku bersyukur tidak ada korban jiwa saat insiden kerusuhan, yang berujung pembakaran Rutan Siak Sri Indrapura pada dinihari tadi.
 
"Kita berusaha masuk ke dalam, kondisi kebakaran sudah bisa dipadamkan oleh pemadam kebakaran Kabupaten Siak. Alhamdulillah tak ada korban manusia," katanya. Selain itu, seorang perwira Polres Siak luka tembak saat terjadi insiden kericuhan dan pembakaran rutan itu.
 
Polisi tersebut saat ini masih mendapatkan perawatan. Kapolda mengatakan, jajarannya telah  melakukan negosiasi dengan warga binaan yang masih tersisa di dalam rutan, agar mereka berkenan pindah ke rutan lain karena Rutan Siak sudah ludes terbakar.
 
Sementara itu Humas Polres Siak Brikpa Dedek mengatakan, dari 110 tahanan yang diamankan ada sebagian yang dievakuasi petugas dan ada yang menyerahkan diri. Proses evakuasi saat ini terus berlangsung.
 
"Ada juga warga Rutan yang sempat keluar namun menyerahkan diri ke Polres. Jumlah penghuni rutan ada 600-an," kata Dedek. Kebakaran di Rutan Siak Riau itu sendiri terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Api bisa dipadamkan petugas sekitar pukul 05.00 WIB.
 
Kerusuhan dan  pembakaran rutan diduga dipicu adanya pemukulan dari seorang sipir terhadap 3 tahanan. Para tahanan itu diamankan setelah petugas melakukan razia dan menemukan narkoba di sel blok wanita. "Tiga tahanan tersebut diduga dipukul oleh sipir seusai dilakukan pemeriksaan, yang memicu kawan-kawannya marah," tegas Dedek. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,