Dede Ditemukan Tewas di Danau Masjid Terapung Gedebage

Dede Ditemukan Tewas di Danau Masjid Terapung Gedebage

Tim SAR mencari korban sejak Selasa dinihari hingga sore hari. (foto - Basarnas)

Bandung - Dede  Ruhiyat   (24)  yang  hilang  tenggelam  di  Danau  Masjid  Terapung  Gedebage  akhirnya  ditemukan  tim gabungan. Warga Kampung Jambu Air Desa Cinulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.
 
"Korban sudah diketemukan Selasa sore sekitar pukul 16.10 WIB. Kondisinya sudah meninggal dunia," kata Kapolsek Gedebage Kompol Oesman Imam, Selasa (14/5/2019).
 
Menurut Oesman, Dede ditemukan di titik ia tenggelam. Proses pencarian dilakukan dengan cara menerjunkan sejumlah penyelam dari Basarnas, Damkar Bandung dan SAR Brimob Polda Jabar.  "Debit air tadi dikurangi hingga korban bisa ditemukan. Saat ini korban sudah dibawa ke rumah sakit," katanya.
 
Juru Bicara SAR Bandung Joshua Banjarnahor menjelaskan, pihaknya memang sengaja melakukan pengurangan debit air di kawasan danau milik Pemprov Jabar itu. Tujuannya untuk mempermudah proses pencarian.
 
"Setelah surut, kita lakukan pencarian secara manual. Ternyata korban ditemukan di dalam lumpur," kata Joshua. Proses pencarian sendiri memakan waktu lebih dari 12 jam. Tim memulai pencarian pada dinihari pukul 01.00 WIB hingga sekitar 16.00 WIB.
 
Tim SAR Bandung terus berkoordinasi untuk menemukan korban di Danau Masjid Terapung Gedebage Bandung.
 
 
Sebelumnya, Dede hilang di Danau Masjid Terapung Gedebage pada Senin 13 Mei malam. Berdasarkan keterangan saksi, Dede diduga kerasukan hingga bergelagat aneh sebelum menceburkan diri ke dalam danau.
 
"Berdasarkan keterangan saksi, kalau korban ini kerasukan. Korban sempat diamankan dan ditenangkan, tapi malah marah-marah sambil buka baju," kata Kanitreskrim Polsek Gedebage Ipda Budiyanto.
 
Korban pun semakin tak terkendali dan menceburkan diri masuk ke dalam danau tersebut. Korban kemudian berenang ke arah utara yang langsung dikejar oleh rekan-rekannya.
 
"Namun setelah dikejar, korban langsung menghilang ke dalam air. Sementara teman-temannya sudah tiga kali mencari korban dengan menyusuri ke dalam air, namun tidak ditemukan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,