Airin Sebut THR PNS Daerah Paling Telat Tanggal 24 Mei

Airin Sebut THR PNS Daerah Paling Telat Tanggal 24 Mei

Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany. (foto - ist)

Jakarta - Tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS) Insyaallah sudah cair paling telat tanggal 24 Mei. demikian mengemuka saat audiensi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

"Tadi termasuk yang dibahas. Bisa menggunakan Perkada, Peraturan Kepala Daerah, Perwal atau Pergub. Insyaallah, mudah-mudahan paling telat tanggal 24 (Mei) sudah cair," kata Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany di kantor Kemendagri Merdeka Utara Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Airin mengakui, sempat ada hambatan terkait peraturan daerah yang mengatur THR. Namun, sudah ada solusi dengan penyusunan Peraturan Walikota (Perwal). "Kalau ada masalah yang belum ada Perda, akan membuat Perwal atau Perkab. Di Walikota kan Perwal, dan seharusnya itu tidak masalah, kan sudah ada payung hukumnya," katanya.

Walikota Tangerang Selatan itu menyatakan, tidak ada masalah mengenai THR di daerahnya. Pasalnya, sudah ada alokasi dana tersendiri seperti tahun-tahun sebelumnya. "Untuk Tangsel nggak masalah. Karena selama ini sudah ada alokasinya. Tahun kemarin juga lancar," tegas Airin.

Sebelumnya, setiap daerah telah diminta agar menganggarkan dana APBD untuk pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 tahun 2018, mengenai pedoman penyusunan APBD tahun 2019.

Meski begitu, beberapa daerah belum menganggarkannya. Kemendagri menyatakan masih mendata daerah itu. Diakui, ada daerah yang belum siap, meski sudah diatur di Permendagri 38 tahun 2018 sebagai pedoman APBD 2019. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,