Rusuh, 92 Napi Lapas Narkotika Langkat yang Kabur Ditangkap

Rusuh, 92 Napi Lapas Narkotika Langkat yang Kabur Ditangkap

Sejumlah petugas siaga di lokasi hingga malam hari. (foto - ant)

Jakarta - Sekitar 100 orang narapidana (napi) kabur setelah kerusuhan yang terjadi di Lapas Narkotika Kelas III Langkat Sumatera Utara (Sumut). Sejauh ini, aparat kepolisian berhasil menangkap kembali 92 orang napi yang kabur pada siang tadi.
 
"Napi yang tertangkap kembali sejumlah 92 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kamis (16/5/2019). Para napi yang ditangkap itu dititipkan sementara ke lapas dan markas kepolisian sekitar wilayah Langkat.
 
Antara lain di Lapas Tanjungpura, Polsek Tanjungpura, Polsek Hinai, Polres Binjai dan Polsek Stabat. "Napi yang sudah tertangkap, paling banyak dititipkan di Lapas Tanjungpura dan Polsek Hinai," kata Dedi.
 
Seperti diketahui, pada Kamis siang terjadi kerusuhan yang berasal dari para penghuni Lapas Narkotika Kelas III Langkat. Mereka tak terima ketika petugas lapas menindak napi berinisial FK alias AJO, yang kepergok membawa sabu.
 
Perlawanan napi tersebut berujung pada aksi pembakaran dan perusakan sejumlah fasilitas lapas. Para napi tersebut kemudian beramai-ramai melarikan diri.
 
Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB saat jam buka pintu sel. Saat ini 490 aparat TNI-Polri berada di lokasi untuk melakukan pengamanan, sedangkan Polda Sumut telah membentuk tim pemburu napi yang kabur. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,