Kelenteng Berusia 150 Tahun di Probolinggo Ludes Terbakar

Kelenteng Berusia 150 Tahun di Probolinggo Ludes Terbakar

Kebakaran Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga di Jalan WR Supratman Kota Probolinggo. (foto - ist)

Probolinggo - Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga yang berada di Jalan WR Supratman Kota Probolinggo ludes terbakar. Sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, Jumat malam sekitar sekitar pukul 23.30 WIB.
 
Menurut penuturan salah seorang jemaat kelenteng Agun, api diduga berasal dari lilin yang tiap malam selalu dibakar di kelenteng itu. "Lilin diduga jatuh dan mengenai kain yang ada di dekatnya," kata Agun, Sabtu (18/5/2019) dinihari.
 
Situasi di sekitar lokasi kelenteng berusia 150 tahun yang terbakar itu tampak mencekam. Warga bersama petugas pemadam kebakaran bahu membahu berusaha untuk memadamkan kobaran api yang membesar. Sejauh ini, tidak ada barang berharga yang bisa diselamatkan. Hanya patung-patung dewa berukuran kecil yang dapat dievakuasi oleh para jemaat.
 
Sementara itu, petugas kepolisian sudah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan. Warga sebagian masih berkerumun di sekitar lokasi kebakaran, untuk melihat proses pemadaman api.
 
"Kelenteng ini merupakan cagar budaya di Kota Probolinggo. Usia kelentang sudah mencapai 150 tahun," kata Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Ia berharap, penanganan yang dilakukan tim pemadam bisa cepat agar tidak merembet.
 
Kapolresta Probolinggo AKBP Alvian Nurriza berharap, pemadaman api bisa dilakukan secepatnya. "Kita akan pastikan padam hari ini," tegas Alvian. Mengenai  penyebab kebakaran, Alvian menduga api berasal dari lilin yang meleleh dan menyambar kain.
 
Petugas dan warga sekitar terus berusaha untuk memadamkan kobaran api, yang diprediksi memakan waktu 2 hingga 3 jam. Sebab bangunan gedung yang terbakar sudah mencapai 3 bangunan. "Gedung utama yang kita prioritaskan pemadaman," tegas Alvian. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,