Kebakaran Pasar Kosambi Hanguskan 250 Kios dan Jongko

Kebakaran Pasar Kosambi Hanguskan 250 Kios dan Jongko

Sejumlah pedagang menyelamatkan barang dagangan mereka dari terjangan api. (foto - ant)

Bandung - Sedikitnya  250 kios  dan  jongko  pedagang  hangus  akibat  kebakaran  yang  meluluhlantakkan  lantai dasar (basement) Pasar Kosambi yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Bandung.
 
"Berdasarkan pendataan sekitar 250 kios hangus terbakar," kata Kabid Pemadam Kota Bandung Kurnia, Minggu (19/5/2019) petang. Diduga, api berasal dari kios kelapa yang merembet ke bangunan kios lainnya secara cepat. Meski sempat menggunakan APAR, api terus membesar.
 
Berdasarkan keterangan Sekuriti Pasar Roby Ahmad, ia tengah berpatroli sesaat sebelum kejadian kebakaran. Kemudian ada laporan dari petugas PHL sampah, kios kelapa yang terletak di semi basement terbakar.
 
Petugas Damkar yang mendapat laporan kejadian langsung meluncur ke lokasi kejadian. Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam dikerahkan. "Akhirnya setelah 12 jam api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan, guna mengantisipasi timbulnya api kembali," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Pasar Kosambi Septi Sahreza menjelaskan, tidak ada barang yang selamat di lantai semi basement Pasar Kosambi. Pasalnya, di lantai tersebut merupakan kawasan penjualan bumbu, bahan baku kue dan juga gudang plastik.
 
"Semi basement tidak terselamatkan. Di situ gudang plastik gudang bumbu terus buat kueh yang memang banyak," katanya. Meski api sempat padam pada 17.00 WIB, sekitar pukul 19.40 WIB api kembali muncul membakar bagian kiri basement.
 
Ia menambahkan, sisi kanan atau kawasan los daging tidak terdampak api. "Luasan basementnya ada sekitar 7 ribu meter persegi. Untuk sementara di samping sebelah kiri habis. Untuk sebelah kanannya mungkin di los daging tidak terdampak. Jadi apinya ke sebelah kiri," katapnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,