7 Pelaku Penipuan lewat Media Sosial Dibekuk Polres Bandung

7 Pelaku Penipuan lewat Media Sosial Dibekuk Polres Bandung

Polres Bandung ungkap pelaku jaringan penipuan dengan modus media sosial. (foto - ist)

Bandung - Polres Bandung berhasil menangkap 7 pelaku jaringan penipuan dengan modus media sosial. Dari hasil pengungkapan kasus, para pelaku menghasilkan ratusan juta rupiah dari para korban, yang mayoritas perempuan.
 
Menurut Waka Polres Bandung Kompol Mikranuddin Syahputra, pelaku membuat akun media sosial palsu untuk merayu para calon korbannya. Dalam kasus tersebut, pelaku menargetkan aksi penipuannya adalah perempuan.
 
Sebab, akun media sosial palsu yang mereka gunakan memajang wajah lelaki tampan. "Setelah mendapatkan target, pelaku dan korban berkomunikasi via WA. Pelaku lalu mengajak korban untuk mengirimkan uang," katanya di Polres Bandung, Senin (20/5/2019).
 
Ketujuh pelaku tersebut ditangkap pada 18 Mei, merupakan sebuah jaringan dan melibatkan dua orang penghuni Lapas Kebonwaru. Diketahui, modus tersebut dijalankan para pelaku sejak 2016 lalu.
 
"Barang bukti yang diamankan, antara lain 32 handphone yang digunakan para pelaku untuk berkomunikasi dengan para korban," katanya.
 
Selain itu, ada juga uang tunai sejumlah kurang lebih Rp 142 juta dan satu unit mobil Honda Jazz berwarna merah. Ada juga 3 unit sepeda motor dan 72 buku rekening bank.
 
Akibat perbuatan tersebut, ketujuh pelaku tersebut terancam dengan Undang-Undang ITE, terkait kasus pencucian uang. Hukuman penjara maksimal selama 20 tahun. (Jr.)**
.

Tags:,