Enam Peti Mati Korban MH17 Diterbangkan

Enam Peti Mati Korban MH17 Diterbangkan

Pilot Malaysia Airlines membawa peti mati yang berisi rekan mereka, Wan Amran Wan Hussin, yang tewas dalam penerbangan MH17.(Foto:Net)

Kharkiv - Enam lagi peti mati berisi jenazah para korban jatuhnya penerbangan MH17 pesawat Malaysia Airlines pada Jumat (28/11/2014) diterbangkan dari Ukraina timur ke Belanda, kata para pejabat.

Pejabat-pejabat Belanda dan Ukraina melakukan upacara mengenang para korban di bandar udara kota Kharkiv untuk menghormati gelombang terakhir jenazah-jenazah yang akan diangkut tahun ini.

"Acara itu merupakan upacara yang sangat penting, sangat penting bagi kerabat, keluarga dan rekan-rekan korban tragedi yang sangat besar ini," kata Menteri Kehakiman Belanda, Ivo Opstelten.

Pesawat berjenis Boeing 777 itu meledak di udara pada 17 Juli di wilayah yang dikuasai para pemberontak, menewaskan 298 orang yang berada di dalamnya, termasuk 193 warga negara Belanda.

Ukraina dan Barat menuding Rusia telah memasok para pemberontak pro-Kremlin dengan peluru kendali yang menembak pesawat jet tersebut.

Namun, Moskow maupun pihak separatis membantah bahwa mereka merupakan pihak yang bertanggung jawab dan sebaliknya mereka mengarahkan tudingan itu kepada Kiev.

Tim penyelidik yang dipimpin Belanda sejauh ini telah mengindentifikasi 289 korban dan direncanakan akan mengangkut puing-puing pesawat melalui jalan darat ke Belanda guna diselidiki lebih lanjut.

Gubernur Kharkiv, Igor Baluta, mengatakan puing-puing pesawat jet yang jatuh itu akan diangkut dengan mobil-mobil truk untuk kemudian diangkut menuju barat pada Sabtu (29/11/2014).

.

Categories:Internasional,