64 Tewas, 3 Ledakan Guncang Masjid di Nigeria

64 Tewas, 3 Ledakan Guncang Masjid di Nigeria

Orang-orang berkumpul menyaksikan sisa-sisa ledakan di Kano,Nigeria pada 28 november 2014.(Foto:Net)

Katsina - Tiga ledakan mengguncang masjid salah satu pemimpin Islam Nigeria terkenal, Emir Kano, pada saat jamaah berkumpul untuk salat Jumat. Laporan awal menyebutkan, sebanyak 64 orang tewas dan sekitar 126 lainnya mengalami luka-luka.
"Dua bom meledak, satu demi satu di tempat Masjid Agung beberapa detik setelah salat Jumat dimulai," kata Aminu Abdullahi.
Emir, Sanusi Lamido Sanusi mengatakan berada di dalam masjid  waktu itu, dengan ledakan terjadi di luar halaman, dan tidak ada yang menyatakan adanya korban langsung.


Abdullahi dan para saksi lain, Hajara Tukur, mengatakan dia berada di dekatnya, dan polisi mulai menembakkan senjata dalam kekacauan, ketika jamaah mulai berebut untuk menyelamatkan diri.

Berkhotbah di Masjid Agung Kano pekan lalu, Emir mendesak orang-orang dari utara untuk mengangkat senjata melawan kelompok Islam Boko Haram, dan menyatakan keraguan kemampuan militer untuk melindungi warga sipil dan mengakhiri pemberontakan.

Wilayah  Kano adalah sosok yang sangat berpengaruh di Nigeria, yang merupakan tempat tinggal  lebih dari 80 juta Muslim, yang sebagian besar tinggal di wilayah utara. (Jr.)**

 
 
.

Categories:Internasional,