Tabrakan Beruntun 4 Kendaraan di Tanjakan Cibeka Ciamis

Tabrakan Beruntun 4 Kendaraan di Tanjakan Cibeka Ciamis

Tabrakan beruntun di Jalan Ciamis - Banjar tanjakan Cibeka Karangkamulyan. (foto - ist)

Ciamis - Tabrakan  beruntun  melibatkan  empat  kendaraan terjadi di Jalan Ciamis - Banjar, tepatnya di Tanjakan Cibeka kawasan Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Kamis (30/5/2019) malam.
 
Akibat tabrakan tersebut menyebabkan arus lalu lintas dari Tasikmalaya arah Banjar dan sebaliknya macet panjang. Polisi sementara mengalihkan kendaraan yang dari Tasikmalaya menuju Banjar ke Jalan Cimaragas di pertigaan Bojong.
 
Kejadian berawal dari Kijang Innova dengan nomor polisi F 1348 NQ berpenumpang 4 orang melaju dari Tasikmalaya. Diduga, saat di tikungan Tanjakan Cibeka berusaha menyalip kendaraan yang ada di depannya. Dari arah berlawanan datang Bus Budiman jurusan Banjar - Jakarta bernopol Z 76 49 HC.
 
Karena jarak yang terlalu dekat, tabrakan kedua kendaraan tersebut tak terhindarkan. Karena berhenti mendadak, dua mobil bak terbuka langsung menabrak bagian belakang bus.
 
Berdasarkan penuturan Ade Saepulloh sopir bus, saat kendaraannya sedang naik di Tanjakan Cibeka, tiba-tiba dari arah turunan muncul Kijang Innova hingga tabrakan tak terhindarkan.
 
"Innova turun cukup kencang sehingga langsung tabrakan, dia mau mobil menyalip. Dari belakang ada dua mobil karena tidak tertahan menabrak bus bagian belakang," katanya. Seluruh penumpang di bus yang berjumlah 5 orang selamat dan sudah dialihkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.
 
Menurut informasi dari warga sekitar yang melihat kejadian itu, penumpang di mobil Kijang Innova berjumlah 4 orang. Beberapa di antaranya mengalami luka dan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Banjar.
 
Kasat Lantas Polres Ciamis AKP M Bima Gunawan membenarkan kejadian itu. Namun ia belum memastikan penumpang Innova yang dibawa ke Rumah Sakit Banjar. "Anggota masih melakukan pendataan, apakah luka ringan atau berat," katanya.
 
Menurut Bima, kejadian itu menimbulkan kemacetan di jalur mudik. Sementara arus kendaraan dari arah Ciamis kota dialihkan ke simpang Bojong menuju Cimaragas. "Ada pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan, sedangkan dari arah Banjar masih menggunakan jalur utama," katanya.
 
Sejauh saat ini petugas kepolisian melakukan evakuasi empat kendaraan terlibat tabrakan itu menggunakan mobil derek. "Tanjakan Cibeka termasuk rawan kecelakaan, sehingga kami imbau untuk hati-hati di tanajan itu," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,