Program Intensif Ujian Mandiri UGM dan UI di Edulab

Program Intensif Ujian Mandiri UGM dan UI di Edulab

A.     Informasi Ujian Tulis (UTUL) UGM 2019
 
JALUR ini merupakan seleksi masuk Universitas Gajah Mada yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini memberikan kesempatan kepada untuk para lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018 dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 Program Studi untuk Program Sarjana atau Program Diploma, sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum atau Campuran. Berikut beberapa syaratnya :

·         Syarat Umum :
                  1.      Warga Negara Indonesia.
    1. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.
    2. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Syarat Khusus :
    1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. Ijazah/SKHUN/SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

Pendaftaran Online 

Pembayaran Biaya Pendaftaran

Cetak Kartu Tes

Tes Tertulis

Pengumuman

11 Juni —1 Juli 2019

Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.

5 Juli 2019

14 Juli 2019

23 Juli 2019

 

 

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM dilaksanakan di kota-kota berikut:

  1. Jakarta
  2. Pekanbaru
  3. Medan
  4. Surabaya
  5. Yogyakarta

Keterangan: Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di luar Yogyakarta, dikenakan biaya verifikasi sebesar Rp 225.000,-  (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) dan dibayarkan paling lambat tanggal 2 Juli 2019 pkl 23.59 WIB.

B.      Informasi SIMAK UI 2019
Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.
 
Namun, ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda. Persyaratan pendaftaran setiap periode dapat berubah sesuai dengan kebutuhan Program Studi masing-masing, maka dari itu persyaratan pendaftaran dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id hanya pada masa pendaftaran.

 

·         Lokasi Ujian SIMAK UI

-          S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi (D3) : Jakarta Pusat/Timur/Barat/Utara/Selatan, Depok (bukan di kampus UI Depok), Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang, Palembang.

-          S1 Kelas Internasional : Kampus UI Depok

-          S1 Ekstensi : Kampus UI Depok (pada periode tertentu diselenggarakan di kota besar)

-          Profesi, S2, S3 : Kampus UI Depok (pada periode tertentu diselenggarakan di kota besar)

-          Spesialis : Kampus UI Depok

Keterangan : Alamat lengkap kota lokasi ujian tertera di kartu ujian yang dapat diunduh sesuai jadwal di account masing-masing peserta. Lokasi ujian sesuai dengan pilihan kota lokasi ujian yang dipilih saat mendaftar. Cek kembali pilihan lokasi ujian yang dipilih sebelum membayar, karena setelah pembayaran data tidak dapat diubah.
 
Di Edulab Indonesia menyediakan Program Intensif khusus bagi yang ingin mengikuti Ujian Mandiri di Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia. Program Intensif Ujian Mandiri UGM dan UI ini memiliki fasilitas seperti modul representatif, pengajar muda yang berasal dari PTN terfavorit di Indonesia, dan belajar sampai dengan H-1 Ujian Mandiri.
 
Langsung hubungi cabang Edulab terdekat di kotamu untuk pendaftaran Program Intensif Ujian Mandiri UGM dan UI, atau hubungi ke line @edulab.id (pakai @). (Sumber: um.ugm.ac.id dan simak.ui.ac.id - Syifa Wardani Putri)**
.

Categories:PenaCikal,
Tags:,