Puluhan Rumah Terbakar, Bentrok Warga di Malam Takbiran

Puluhan Rumah Terbakar, Bentrok Warga di Malam Takbiran

Puluhan rumah terbakar imbas bentrok antar-warga jelang malam Takbiran di Buton. (foto - ist)

Buton - Sekitar  56  rumah  warga  jadi  sasaran  amuk  massa  hingga  berujung  pembakaran,  setelah  terjadi  bentrokan antar-warga di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo Buton Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Berdasarkan ketrangan Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt menyatakan, bentrokan tersebut terjadi berawal ketika warga Desa Sampuabalo melakukan konvoi di malam takbiran. Takhanya rumah, mobil milik kepaa desa dan sepeda motor pun hangus terbakar.

"Keterangan La Aca (35) warga Desa Gunung Jaya menyatakan, malam hari lebaran ada sekitar 40 pemuda dari Desa Sampuabalo konvoi dengan menggunakan knalpot racing dan memainkan gas motornya. Akibatnya hal itu membuat masyarakat Desa Gunung Jaya merasa terganggu," sebut Harry dalam keterangannya, Rabu (5/6/2019).

Pada sekitar pukul 20.45 Wita, Selasa 4 Juni konvoi melewati Desa Gunung Jaya. Diduga terjadi provokasi oleh kelompok yang konvoi. "Terjadilah pelemparan ke arah rumah rumah warga Gunung Jaya lalu masyarakat Desa Gunung Jaya tidak menerimanya, hingga terjadi keributan antara pemuda Desa Sampuabalo dan pemuda Desa Gunung Jaya," katanya. 

Sekitar pukul 21.00 Wita, massa dari Desa Sampuabalo datang ke Desa Gunung Jaya. Massa diduga melemparkan molotov ke arah rumah warga hingga terjadi aksi balasan. 

Harry menyebut, satu orang terluka karena sabetan senjata tajma. Sedangkan rumah yang terbakar berjumlah 30 unit. Satu mobil pikap dan satu motor juga hangus terbakar.
(fdn/fdn)

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,