Puncak arus balik Jalur Tasik-Bandung diprediksi Malam Ini

Puncak arus balik Jalur Tasik-Bandung diprediksi Malam Ini

Kepadatan kendaraan di jalur Malangbong Sabtu 8 Juni 2019 siang. (foto - MyprideMagz)

Garut - Puncak  arus  balik  Lebaran  2019  diprediksi  terjadi  pada  Sabtu  sepanjang  sore  hingga  malam  ini. Hal itu juga yang bakal terjadi di jalur Tasikmalaya - Bandung melalui Limbangan dan Kadungora Kabupaten Garut.
 
Berdasarkan keterangan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan, kepadatan arus balik sudah terlihat sejak Jumat 7 Juni malam. Kepadatan tadi malam terjadi hingga Sabtu pagi di jalur Kadungora dan jalur Limbangan.
 
"Sejak semalam kami terus mengurai banyak kendaraan sampai pukul 02.30 WIB. Alhamdulillah arus lalu lintas tetap lancar," kata Budi, Sabtu (8/6/2019). Ia memprediksi, puncak arus balik terjadi pada Sabtu sore hingga malam.
 
Hal itu karena banyak pemudik yang harus sudah mulai masuk kerja pada hari Senin 10 Juni. "Kami prediksi arus balik terjadi pada malam ini. Untuk itu, kami tetap melakukan antisipasi dan pelayanan yang maksimal," katanya.
 
Ia mengimbau, kepada para pengendara untuk menyiapkan fisik pribadi dan kendaraan secara prima. Kalau memang fisik tidak mendukung diimbau untuk beristirahat di setiap rest area. "Utamakan keselamatan, kalau lelah istirahat dahulu di rest area," tambahnya.
 
Seperti diketahui, untuk menghindari kepadatan arus kendaraan di tanjakan Gentong Tasikmalaya, arus balik jalur selatan via Ciamis sejak Kamis 6 Juni malam dialihkan ke arah Tol Ciali. Arus kendaraan dari arah timur (Banjar)  menuju barat (Tasikmalaya) via Ciamis yang melintas Alun-alun Ciamis dialihkan ke arah Kawali lewat Jalan RE Martadinata.
 
Pengalihan arus kendaraan itu  sempat meningkatkan kepadatan volume kendaraan yang melintas di sekitar Alun-alun Ciamis, menyusul terjadinya pertemuan arus kendaran yang dialihkan dengan kendaraan dari barat di depan kantor pos.
 
"Pengalihan arus kendaraan itu pun sudah terjadi sejak Kamis malam untuk menghindari kepadatan di kawasan Gentong dan Nagreg," sebut petugas. Pada Kamis malam, arus balik jalur selatan via Ciamis  memang sempat diwarnai kepadatan di sejumlah titik.
 
Antara lain di perempatan Cihaurbeuti, Sindangkasih, Jetak, Imbanagara, Alun-alun dan pertigaan Cisaga. Bahkan, tak disangka jalur alternatif jembatan Cirahong pun sempat mengalami sendatan akibat padatnya arus kendaraan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,