Pantai Pangandaran Jabar Menuju Objek Wisata kelas Dunia

Pantai Pangandaran Jabar Menuju Objek Wisata kelas Dunia

Pantai barat Pangandaran Jawa Barat. (foto - ist)

Pangandaran - Pemerintah   Kabupaten  (Pemkab)   Pangandaran  memfokuskan  penataan  pesisir  agar   serupa  dengan wisata pantai di Hawaii. Untuk itu, Pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp 83 miliar, guna mencapai visi sebagai tujuan wisata berkelas dunia.
 
"Untuk saat ini kita akan fokus menata pantai barat dan timur, karena kegiatan pariwisata ada di sini. Maka tentu harus menyiapkan infrastruktur yang akan kita tata dengan baik," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.
 
Menurut Jeje, proses penganggaran untuk penataan wisata pantai sedang dilakukan. Pembangunan infrastruktur akan dimulai Juli mendatang, dan akan rampung akhir tahun ini. Pemkab Pangandaran akan meresmikan fasilitas penelitian bahari berkelas internasional, yang setara dengan Sea World.
 
"Kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Juli kita akan masuki Pangandaran Integrated Aquarium dan Marine Research Institute (Piamari). Itu badan penelitian tapi ada akuarium yang lebih besar dari Sea World," katanya.
 
Sementara itu, saat ini Pemkab Pangandaran menargetkan sebanyak 5 juta orang mengunjungi sejumlah destinasi wisata, yang tersebar di wilayah Kabupaten Pangandaran.
 
Jeje Wiradinata mengatakan, momen libur lebaran sangat berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan. Bahkan, kunjungan wisata telah meningkat sejak awal libur lebaran.
 
"Alhamdulillah libur hari raya dari tanggal 1 Juni sampai hari ini tingkat kunjungan sangat padat. Di pantai barat, pantai timur, Krapyak, Batu Karas, Green Canyon penuh sekali," katanya.
 
Peningkatan kunjungan wisata patut disyukuri jajaran Pemkab Pangandaran, karna destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran sempat sepi karena peristiwa tsunami Banten. Dengan meningkatnya kunjungan wisata, target yang ditetapkan Pemkab Pangandaran dinilai bakal tercapai.
 
"Kita menargetkan kurang lebih 5 juta orang. Kalau melihat sekarang kunjungan karena cuti bersama dan libur sekolah yang panjang, maka target 5 juta sepertinya bisa tercapai," tegas Jeje. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,