Subang-Bandung Lumpuh, Jalan di sekitar Cikole Tergenang

Subang-Bandung Lumpuh, Jalan di sekitar Cikole Tergenang

Jalur Subang - Bandung macet total tak bergerak tersendat di sekitar Cikole. (foto - @achoeljunior)

Bandung - Jalur  Subang - Bandung  lumpuh  akibat  adanya  genangan  air  hingga  50 cm di  jalan  sekitar  kawasan wisata Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat. Laju kendaraan pun terhenti hingga mengular menunggu genangan air surut, Sabtu (8/6/2019) petang.
 
Luapan air tersebut membuat jalanan tergenang setelah sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Lembang dan sekitarnya. Akibatnya air yang tak tertampung drainase meluap ke badan jalan, tepatnya di cekungan dekat objek wisata Lembah Dewata.
 
Petugas kepolisian terpaksa menahan laju kendaraan dari arah Bandung dan Subang secara bergantian. Kendaraan baik roda dua dan empat pun tertahan dan kesulitan, untuk menerjang arus air yang mengalir cukup deras.
 
Sejumlah warga tampak langsung membersihkan drainase agar saluran air kembali lancar. Meski demikian, imbas genangan air itu menyebabkan perlambatan arus lalu lintas, selain semakin menumpuknya jumlah kendaraan wisatawan ke wilayah Cikole.
 
"Perjalanan pun butuh waktu hampir tiga jam dari Cikole ke Pasar Panorama Lembang karena macet total, alias kendaraan sama sekali tak bergerak. Padahal, jarak ke Lembang tidak lebih dari  2 kilometer," keluh sejumlah wisatawan.
 
Sementara itu, untuk sepeda motor membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Lembang, dari biasanya yang hanya setengah jam. Kendaraan pun makin malam semakin padat, sehingga  kemacetan pun mengular bertambah panjang.
 
Untuk mengurai kemacetan, Satlantas Polres Cimahi langsung melakukan rekayasa lalu lintas tepatnya di depan sekitar Orchid Forest, dengan memberlakukan sistem satu arah (one way). (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,