Durian Kanyao Termahal Dunia Terjual Seharga Rp 685 Juta

Durian Kanyao Termahal Dunia Terjual Seharga Rp 685 Juta

Durian Kanyao terjual Rp 685 juta di sebuah lelang di Thailand. (foto - ecns.cn)

Nonthaburi - Fatastis, buah  durian  terjual  secara  mengejutkan seharga  1,5  juta  baht  atau  setara Rp 685 juta. Durian Kanyao merupakan yang termahal di dunia menarik tawaran dari lusinan orang kaya pecinta buah itu, pada sebuah lelang di Nonthaburi Thailand tengah belum lama ini.
 
Dilansir Channel News, Jumat (7/6/2019) pihak berwenang memilih durian untuk lelang sehari sebelumnya dari sebuah lahan pertanian terdekat. Di sana buah beraroma menyengat itu dibanderol minimal 20.000 baht atau sekitar Rp 90 juta, tapi di acara lelang harganya bisa berlipat ganda.
 
Durian mewah yang dipilih karena ukuran, bentuk, dan kematangannya yang sempurna, bahkan memecahkan rekor tahun sebelumnya yang terjual 800.000 baht di festival King Of Durian 2019.
 
Acara glamor yang menampilkan parade buah durian di atas bantal beludru merah dan emas menghadirkan sembilan durian. Mereka spesies Monthong, Kanyao dan Kop Med Tao, yang masing-masing dibanderol lebih dari 300.000 baht sekitar Rp 136 juta.
 
Pemilik pertanian Pa Toi Lung Mu (tempat durian seharga 1,5 juta baht ditanam) Maliwan Han Chai Thai mengatakan, dirinya tahu ini durian yang sangat istimewa, tapi kagum pada harganya. Ia mengharapkan satu juta baht menjual lebih banyak sangat bagus.
 
"Saya berharap penawar tertinggi menikmati makan duriannya. Varietas ini adalah yang paling lezat di dunia dan kami akan terus mengembangkannya," katanya.
 
Durian Kanyao, varietas durian paling mahal dan paling dicari di dunia ini dijual kepada pengusaha lokal kaya raya. Total hasil 4,5 juta baht dari lelang durian itu akan diserahkan ke petani, sebagian disumbangkan ke badan amal setempat untuk membeli peralatan medis rumah sakit.
 
Durian Kanyao yang merupakan jenis tanaman yang tumbuh di wilayah Nonthaburi sekitar 65 km Bangkok Utara, dianggap yang terbaik di dunia berkat rasa manis dan teksturnya yang lembut. Sebelumnya durian itu nyaris musnah setelah banjir besar beberapa tahun yang lalu.
 
Namun pertanian satu-satunya tempat buah itu tumbuh berhasil dipulihkan. Seluruh durian jenis itu biasanya dijual di Thailand seharga 500 baht (Rp 226 juta). Bahkan lebih mahal di Barat, tergantung beratnya. Di lokasi pertanian tempatnya tumbuh dibanderol mulai dari 20.000 baht atau sekitar Rp 90 juta. (Jr.)**
 
.

Categories:Unik,
Tags:,