Mandek, kendaraan antre 3 jam Jelang GT Cikampek Utama

Mandek, kendaraan antre 3 jam Jelang GT Cikampek Utama

Kepadatan arus kendaraan di ruas Tol Cikampek arah Jakarta saat diberlakukan one way. (foto - ant)

Cikampek - Antrean  mengular  kendaraan  terjadi di  Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70. Kepadatan pun mulai tampak sejak Km 91 ruas Tol Palimanan, Minggu (9/6/2019) malam.
 
Kendaraan mulai tersendat sejak di Km 91 sekitar  pukul 20.48 WIB. Mobil hanya bisa bergerak dengan kecepatan di bawah 30 km per jam. Mobil juga sempat berhenti total karena padatnya kendaraan hingga gerbang Cikampek Utama.

Bahkan, setelah melewati GT Cikampek Utama pun kendaraan masih tersendat. Antrean panjang pun masih tampak. Kendaraan hanya bisa melaju di bawah kecepatan 30 km per jam. Tampak masih ada beberapa kendaraan yang berhenti di bahu jalan selepas rest area.
 
Sementara itu, sistem satu arah (one way) arus balik Lebaran 2019 diberlakukan di ruas Tol Cikampek arah Jakarta, sejak  Sabtu 8 Juni malam. One way diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama, sejak pukul 21.00 WIB hingga dua jam ke depan.
 
"One way diberlakukan dari Gate Cikampek Utama sampai dengan Cikarang Utama selama 2 jam," kata Kepala Korp Lalu Lintas Polri Inspektur Pol Refdi Andri. One way juga diberlakukan di Km 439 Ungaran arah Semarang sampai Km 414 Kalikangkung.
 
"Ini diberlakukan mengingat arus yang datang dari Colomadu, Kartasura dan Ngemplak, Solo cukup deras," katanya.  Penerapan one way sejak di Km 439 Ungaran dan hingga Cikarang Utama tersebut menjadi sistem satu arah terpanjang, yakni mencapai 410 kilometer.
 
Pemberlakuan one way yang dilakukan Korlantas itu untuk memecah kepadatan arus balik. Keputusan one way diberlakukan situasional mengingat arus balik yang dinamis.
 
Sementara itu, petugas Informasi dan Komunikasi Ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek Jupri Suryanto membenarkan adanya perintah pemberlakuan satu arah pada Sabtu malam. Ia mengatakan, sistem one way di ruas tol Cikampek ini diberlakukan tepatnya mulai dari Km 70.
 
"Akan diberlakukan satu arah dari Gerbang Tol Cikampek sampai Cikarang Barat," kata Jupri dikutip Antara.Menurut Jupri, kendaraan yang masih berada di ruas tol dan rest area arah Cikampek pun sudah mulai disterilkan petugas.
 
Sedangkan kendaraan yang menuju Cikampek dialihkan untuk keluar menuju pintu Cikarang Barat kemudian menggunakan jalan arteri. Pemberlakuan satu arah itu situasional tergantung pada kepadatan arus lalu lintas.
 
Ia mengungkapkan, pemberlakuan satu arah malam ini disebabkan oleh antrean kendaraan yang terpantau mulai padat di Tol Cipali. Selain itu, kepadatan juga masih terjadi di sejumlah area istirahat di Tol Cikampek meskipun sudah diberlakukan sistem buka tutup rest area.
 
Sebelumnya, kepolisian telah memberlakukan sistem satu arah dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 70 Gerbang Tol Cikatama. Sementara rekayasa contraflow yang sebelumnya diberlakukan di Km 70 hingga Km 29 di Tol Jakarta - Cikampek sudah ditutup sekitar pukul 20.00 WIB. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,