Polda Kalteng Ciduk 33 Terduga Teroris, 2 Orang Jadi Tersangka

Polda Kalteng Ciduk 33 Terduga Teroris, 2 Orang Jadi Tersangka

Polda Kalteng menggelar penangkapan kelompok terduga teroris. (foto - ist)

Palangkaraya - Polda Kalteng mengamankan 33 orang terkait dugaan tindak pidana terorisme. Dari 33 orang yang diamankan di Palangkaraya dan Gunung Mas, dua di antaranya ditetapkan jadi tersangka.

"Ada dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka, yakni berinisial A dan T," kata Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko di Mapolda Kalteng, Selasa (11/6/2019).

Sebanyak 33 orang yang diduga terkait dengan tindak terorisme masih dilakukan pemilahan oleh Satuan Wilayah (Satwil) Densus 88 Polda Kalteng. Ke-33 orang itu terdiri atas anak-anak dan istri yang terpapar radikalisme.
 
Diduga, mereka terkait jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang pernah melakukan latihan di Aceh. A dan T diduga akan melakukan aksi terornya di Jakarta. Saat ini keduanya sudah mendekam di rumah tahanan Polda Kalteng.

"Sebelum mereka pergi ke Jakarta, tim Densus 88 sudah menggagalkan rencana yang sudah disusun kelompok itu. Mereka juga sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) dan Densus 88 menangkap," katanya kepada Antara.

Dari kediaman dua terduga terorisme di Jalan Pinus Permai III Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya, polisi mengamankan sejumlah barang bukti.
 
Antara lain beberapa buku tentang jihad, senjata tajam, buku nikah, anjungan tunai mandiri (ATM), toples besar berisi serbuk warna putih serta sejumlah benda-benda yang menurut Densus 88 berbahaya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,