Kepergok pelesiran Setnov dipindah ke lapas Gunung Sindur

Kepergok pelesiran Setnov dipindah ke lapas Gunung Sindur

Setya Novanto dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor. (foto - Screenshot)

Bandung - Terdakwa  kasus   korupsi  proyek  e-KTP,  Setya  Novanto  kepergok  melakukan  pelesiran  ketika  izin  berobat keluar Lapas Sukamiskin Bandung. Peristiwa tersebut terjadi, pada Jumat (14/6/2019) siang.
 
Berdasarkan informasi, Setnov pergi ke sebuah tempat penjualan bahan bangunan di kawasan Padalarang kabupaten Bandung Barat. Bahkan, fotonya saat berkunjung cepat beredar luas di media sosial.
 
Dalam foto tersebut, Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek dengan kepala memakai topi hitam dan wajahnya ditutupi masker. Ia tampak berbincang dengan seorang perempuan berjilbab, yang sedang menenteng tas berwarna merah.
 
Atas perbuatan itu pun, Setya Novanto langsung mendapat tindakan tegas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jabar. Pada Jumat malam Setnov langsung dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor.
 
"Setya Novanto langsung akan saya pindahkan ke Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor," sebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak di Lapas Sukamiskin Jalan AH Nasution Kota Bandung.
 
Setya Novanto tengah berada di toko bangunan kawasan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. (foto - ist)
 
 
Liberti mengakui, pihaknya lalai terkait melakukan pengawalan terhadap Setnov. Pengawal Setnov ketika pelesiran juga bakal diperiksa. "Atas nama Kemenkumham, saya mohon maaf kepada publik, apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," tegas Liberti.
 
Sementara itu, Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan, Setnov pada Jumat siang kemarin memang keluar dengan izin berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung. Pemeriksaan kesehatan itu mendapat pengawalan ketat dari petugas Lapas Sukamiskin dan pihak kepolisian.
 
"Ia pergi dengan pengawalan cukup ketat dari petugas kepolisian dan petugas Lapas," katanya. Namun demikian, sejauh ini Tejo sendiri tidak mengetahui terkait pelesiran mantan ketua DPR RI tersebut.
 
Seperti diketahui, Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor merupakan tahanan khusus bagi para narapidana kelas kakap. Utamanya untuk kasus teroris, bandar narkoba dan kasus korupsi, dengan sistem tingkat pengamanan sangat ketat (Super Maximum Security). (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,