8 orang Tewas akibat Ledakan Bom Mobil di Ibukota Somalia

8 orang Tewas akibat Ledakan Bom Mobil di Ibukota Somalia

Lokasi terjadinya ledakan bom mobil di Ibukota Somalia. (foto - AFP)

Mogadishu - Sedikitnya  delapan  orang  dilaporkan  tewas  akibat  ledakan bom mobil di dekat gedung parlemen Somalia, Sabtu waktu setempat.
 
Dilansir AFP, Minggu (16/6/2019) menurut petugas emergency di lokasi kejadian, beberapa jam setelah ledakan, aparat mengeksekusi 9 warga sipil dari klan yang diduga memiliki hubungan dengan Al-Shabaab.
 
"Kami memastikan 8 orang tewas dan 16 orang lainnya mengalami luka-luka dalam ledakan tersebut," sebut petugas layanan Ambulance. Sementara ledakan kedua terjadi di jalan utama menuju bandara ibukota Somalia, Mogadishu.
 
Namun demikian, tidak ada korban jiwa dari ledakan tersebut. Kelompok Al-Shabaap menyatakan bertanggung jawab dalam peristiwa ledakan itu. Mereka menargetkan di dua pos pemeriksaan, satu di antaranya di sepanjang jalan bandara dan sepanjang jalan mengarah ke rumah legislator.
 
Menurut penuturan warga yang menyaksikan ledakan Abdulahi Mire, ia melihat 4 mayat tergeletak di jalanan. Sedangkan 4 orang lainnya terluka.
 
"Aku melihat empat mayat dan empat lainnya terluka akibat ledakan itu," kata Mire. Ia menambahkan, sesaat setelah ledakan, polisi menutup jalan dan ambulans bergegas ke tempat kejadian.
 
Sementara itu, penjaga toko setempat yang bernama Naimo Ali mengatakan, ledakan itu "besar" dan menghancurkan sebagian tokonya. "Saya melihat beberapa orang berhampuran dan beberapa di antara mereka hanya diam," katanya.
 
Berdasarkan informasi dari aparat keamanan, mobil kedua yang bermuatan bahan peledak adalah mobil Toyota Noah, dan ditemukan oleh aparat keamanan di sebuah pos pemeriksaan.
 
Mereka kemudian melepaskan tembakan dan membunuh seorang pria di dalam mobil, dan tak lama mobil meledak. Namun, tidak ada korban dalam ledakan tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,