Kecelakaan Beruntun 7 Kendaraan di Tol Cipularang Km 95

Kecelakaan Beruntun 7 Kendaraan di Tol Cipularang Km 95

7 kendaraan terlibat tabrakan beruntun di Tol Cipularang Km 95.200 Purwakarta. (foto - Twitter)

Purwakarta - Kecelakaan  beruntun  terjadi di  ruas  Tol  Cipularang  Km  95.200  wilayah  Darangdan  Purwakarta, Senin (17/6/2019) petang. Tujuh kendaraan terlibat dalam kecelakaan itu, yang melukai sedikitnya 8 orang.
 
Dari ketujuh kendaraan, dua di antaranya kendaraan besar berupa truk kontainer dan bus Primajasa jurusan Garut - Jakarta. Satu truk kontainer terguling ke sisi jalan dan di dekatnya tampak minibus Toyota Sienta warna hitam.
 
Kondisi Toyota Sienta pun hancur di bagian atasnya. Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tersebut, diduga disebabkan akibat rem blong di jalanan yang menurun dan menikung.
 
Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama menyatakan, membenarnya terjadinya tabrakan beruntun tujuh kendaraan tersebut di wilayah Purwakarta. Dua mobil besar yakni truk kontainer  bernopol D 9455 AC, dan Bus Primajasa jurusan Garut - Jakarta bernopol B 7985 TGA.
 
Sedangkan yang lainnya merupakan  kendaraan pribadi dan satu microbus atau travel Jackal Holiday bernopol B 7980 JH. Menurut Ricky, kejadian berawal truk yang dikendarai Reynaldi Basri (21) melaju dari arah Bandung menuju Jakarta, dengan menggunakan lajur 2 atau jalur cepat.
 
Padahal, lajur itu diperuntukkan bagi kendaraan yang akan menyusul dan bukan untuk kendaraan besar seperti truk kontainer. "Setibanya di lokasi kejadian di jalan yang lurus dan agak menurun truk hilang kendali, lalu banting stir ke kiri jalan dan menabrak Toyota Agya bernopol B 2202 BOG," katanya.
 
Dugaan sementara, sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya ditambah lagi kendaraannya mengalami masalah pada rem dan roda. Setelah menabrak mobil pertama yang dikemudikan Idris Ibnu Malik (29), truk lalu menabrak Xenia hitam bernopol BE 1207 CO.
 
Diketahui, pada Xenia itu ada lima orang yang merupakan satu keluarga dan mengalami luka-luka akibat hantaman truk. Setelah itu menabrak microbus yang dikemudikan Asep Koswara (33) dan berpenumpang satu orang, Tofu Ayyasy (22) yang mengalami luka ringan.
 
"Kemudian menabrak Bus Primajasa yang dikemudikan Dedi Supardi (51), dan menabrak Suzuki pikap bernopol B 9575 NAM, juga terkena Toyota Rush bernopol B 2671 TJS yang berada di lajur lambat," katanya.
 
Dari tiga kendaraan tersebut tidak ada korban yang mengalami luka serius, dan hanya mengalami kerusakan pada kendaraannya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun sedikitnya delapan korban mengalami luka-luka. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,