Setnov Pindah ke Gunung Sindur Menkum HAM Punya Alasan

Setnov Pindah ke Gunung Sindur Menkum HAM  Punya Alasan

Saat Setnov pindah dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Rutan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. (foto - ant)

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan alasan memindahkan koruptor e-KTP Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. "Rutan itu kan untuk high risk," kata Yasonna di kompleks DPR Senayan Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

"Untuk sementara kita tempatkan di situ. Orang tanya, kenapa high risk. Itu high risk kalau mau melarikan diri," katanya.

Setnov dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur Kabupaten Bogor dari Lapas Sukamiskin Bandung, karena kepergok pelesiran di wilayah Padalarang. Yasonna menyebutkan, pelesiran Setnov tersebut memang sudah direncanakan.

Peristiwa pelesiran Setnov terjadi pada Jumat 14 Juni. Awalnya, ia mendapatkan rekomendasi dari lapas untuk menjalani pengobatan di luar lapas, pada Selasa 11 Juni 2019. Setelah itu, Setnov dinyatakan oleh dokter untuk menjalani rawat inap.

Ia kemudian menjalani rawat inap hingga pada Jumat 14 Juni 2019 diizinkan untuk kembali ke lapas. Namun, Setnov kabur hingga dilakukan pencarian, mulai sekitar pukul 15.00 WIB. 
 
Sekitar pukul 17.43 WIB pada hari yang sama, Setnov kembali ke rumah sakit tersebut. Akibat tindakan itu, ia pun langsung dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,