Edulab Selalu Arahkan Siswa Agar Tak Salah Pilih Jurusan

Edulab Selalu Arahkan Siswa Agar Tak Salah Pilih Jurusan

Edulab Selalu Arahkan Siswa Agar Tak Salah Pilih Jurusan.

 
MENENTUKAN masa depan bukanlah hal yang mudah. Untuk mempunyai rencana yang matang dan memiliki pertimbangan yang cukup, harus dipikirkan sejak jauh-jauh hari. Pemilihan jurusan sangat penting, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pemilihan jurusan adalah salah satu hal penting yang akan menentukan karir untuk ke depannya. 
 
Berikut beberapa cara agar tidak salah memilih jurusan.
 
1.      Sesuai minat dan bakat
 
Kenali terlebih dahulu bakat dan minat yang ada didalam diri. Kenapa harus sesuai minat dan bakat? Sebab, jika menyukai jurusan tersebut maka sesulit apapun tugas yang diberikan, nantinya akan menikmati dan merasa tanpa ada beban dalam mengerjakannya.
 
Sebaliknya, apabila tidak menyukai jurusan yang dipilih, maka akan merasa bosan dan merasa terbebani. Di luar sana tidak sedikit mahasiswa yang memilih berhenti berkuliah di tengah jalan, sehingga semua yang sudah dijalani hanya terbuang sia-sia saja.
 
2.      Kenali lebih dalam jurusan yang akan dipilih
 
Kenali lebih detail jurusan yang akan dipilih agar dapat mengetahui bagaimana peluang jurusan tersebut, dan akankah dapat memberikan gambaran masa depan yang diimpikan. Setelah itu, cari informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber seperti internet, acara promosi kampus ataupun datang langsung ke kampus yang dituju.
 
3.      Meminta pendapat orang terdekat
 
Apabila masih ragu-ragu dengan keputusan yang akan dipilih, cobalah untuk meminta pendapat orang terdekat. Antara lain kepada orangtua, guru dan sahabat. Ceritakan pada mereka hobi, bakat dan minat yang ada di dalam diri, agar memberikan arahan yang terbaik untuk jurusan yang akan dipilih nantinya.
 
4.      Memotivasi diri sendiri
 
Memotivasi diri sendiri sangatlah penting untuk mempertahankan komitmen dan motivasi, selama menjalani perkuliahan. Jadikan jurusan kuliah yang akan diambil sebagai langkah awal memulai karier, agar tetap bersemangat dalam menjalani perkuliahan sampai memperoleh gelar sarjana. (Syifa Wardani Putri)** 

·         Info lebih lanjut hubungi :

Line            : @edulab.id (pakai @)

Instagram : edulab.id

Website    : edulab.co.id

Youtube   : Edulab Indonesia
 

.

Categories:PenaCikal,
Tags:,