Sidang Polemik Sekda Bandung Benny Diminta Revisi Dokumen

Sidang Polemik Sekda Bandung Benny Diminta Revisi Dokumen

Benny Bahtiar.

Bandung - Polemik berkepanjangan pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung terus bergulir di Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Kota Bandung.
 
Dalam sidang kedua tersebut, tampak hadir pihak penggugat Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi Benny Bahtiar, Selasa (2/7/2019).
 
"Sidang lebih kepada perbaikan administrasi gugatan, termasuk dalam kuasa hukum. Perbaikan administrasi seperti surat kuasa, gugatan seperti apa saja dan dasarnya mesti jelas. Sidang dilanjut 9 Juli dengan agenda sama, dan melihat surat yang direvisi sudah sesuai harapan," kata Benny.
 
Menurut Benny, ia bersama tim kuasa hukum menggugat Walikota Bandung Oded M Danial untuk mendapatkan kejelasan terhadap tiga hal, terkait pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung.
 
Ketiga hal itu,  mengenai Jabatan Sekda Kota Bandung, status hukum Benny Bachtiar sebagai calon Sekda Kota Bandung terpilih dan penegakan aturan yang mesti dipatuhi Pemkot Bandung terhadap keputusan pemerintah pusat.
 
"Namun demikian, saya abaikan poin pertama, saya hanya akan fokus kepada dua poin, yakni status hukum saya dan penegakan aturan. Itu yang paling utama di dalam proses pengajuan di PTUN tersebut," katanya.
 
Proses penunjukan dan penetapan Sekda Kota Bandung lanjutnya, sempat terhambat Pilkada 2018. Sehingga Sekda Kota Bandung terpilih mesti mengantongi izin pelantikan dari Kemendagri.
 
Sebelumnya, para kandidat Sekda Kota Bandung memerlukan sejumlah dokumen penting. Antara lain, rekomendasi Gubernur dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam proses pendaftaran hingga penetapan.
 
"Itu semua sudah ada pada saya. Saya mendapatkan izin untuk dilantik dari Kemendagri pada 20 September 2018. Dan itu merupakan legalitas yang dimiliki oleh kandidat terpilih. Saya melihat pak Ema Sumarna tidak memiliki rekomendasi dari Gubernur maupun izin Kemendagri," tegas Benny. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,