Guncangan Gempa di California Selatan Terkuat dalam 2 Dekade

Guncangan Gempa di California Selatan Terkuat dalam 2 Dekade

Gempa terkuat guncang California Selatan dalam dua dekade. (foto - Los Angeles Times)

Sacramento  -  Wilayah  selatan California  AS  diguncang  gempa  bumi  terkuat  dalam  dua  dekade, Kamis 4  Juli  waktu setempat. Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter itu, menyebabkan sejumlah kebakaran dan kerusakan bangunan.
 
Dilansir BBC, Jumat (5/7/2019) gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter itu terjadi di dekat Kota Ridgecrest, sekitar 150 kilometer timur laut Los Angeles. Penduduk di sekitar Gurun Mojave dilaporkan merasakan guncangan gempa, yang terjadi bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) itu.
 
Ahli Geofisika Profesor John Rundle mengatakan, gempa itu telah menyebabkan kerusakan cukup parah di Ridgecrest. Pasukan pemadam kebakaran telah memberikan bantuan medis dan menangani kebakaran di sekitar kota yang disebabkan oleh gempa.
 
Dinas tersebut telah menanggapi hampir dua lusin insiden, mulai dari bantuan medis untuk cedera ringan hingga kebakaran. Rumah Sakit Regional Ridgecrest pun dievakuasi.
 
Gempa itu juga melanda di dekat China Lake, sebuah fasilitas pengujian bom dari Angkatan Laut AS, tempat senjata dan pesawat diuji coba. Seorang pejabat dari fasilitas itu mengatakan, ada "kerusakan besar" yang diakibatkan gempa, termasuk kebakaran, kebocoran air dan tumpahan bahan berbahaya.
 
"Ini mungkin belum berakhir. Mungkin ada lebih banyak gempa yang terjadi di daerah itu, dan siapa pun yang mendengarkannya di wilayah itu harus siap untuk tiarap, berlindung dan bertahan," kata Juru Bicara untuk Kantor Gubernur California Brad Alexander.
 
Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sejumlah wilayah yang terkena dampak gempa. Sebab, kekhawatiran akan potensi gempa susulan semakin meningkat.
 
Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan, beberapa orang telah dikejutkan oleh benda-benda yang jatuh dari gedung dan saluran gas telah putus. "Kita terbiasa dengan gempa bumi, tetapi kita tidak terbiasa dengan signifikansi ini," katanya.
 
Gempa itu sendiri dilaporkan terasa sampai ke Las Vegas di Nevada. Ada beberapa gempa susulan yang lebih kecil. Presiden Donald Trump mengatakan melalui Twitter, sejauh ini situasinya sudah terkendali. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,