Tornado Terjang Cina, 6 Orang Tewas Ribuan Rumah Hancur

Tornado Terjang Cina, 6 Orang Tewas Ribuan Rumah Hancur

Ganasnya terjangan tornado yang menghantam wilayah Kaiyuan Cina. (foto - @TornadoGreg)

Kaiyuan - Sedikitnya enam orang tewas dan 190 orang lainnya mengalami luka-luka. akibat terjangan tornado mematikan yang menghempas wilayah Kaiyuan Cina.
 
Dilansir CNN, Jumat 5/7/2019) tornado yang terjadi pada Rabu 3 Juli 2019 itu menyapu wilayah Kaiyuan sekitar pukul 05.15 waktu setempat. Tornado yang menghempas di wilayah timur laut itu berlangsung sekitar 15 menit.
 
Namun demikian, dampaknya sangat dahsyat akibat kuatnya tornado tersebut. Durasi itu menghancurkan hingga 250 hektar lahan pertanian, serta lebih dari 4.300 rumah penduduk hancur. Bangunan rusak, retak dan tembok roboh sebagaimana diberitakan media lokal.
 
Pada Kamis, lebih dari 800 orang sukarelawan membantu membersihkan puing dan membantu korban bencana. Dikhawatirkan, masih ada korban yang terperangkap di reruntuhan.
 
Sementara itu, sebanyak 210 orang berhasil diselamatkan dari gedung runtuh dan sekitar 1.600 orang berhasil dievakuasi dari kota tersebut. Sejauh ini, ada 63 korban yang alami luka serius dan masih dirawat di rumah sakit.
 
Pemerintah setempat sudah mendirikan empat tempat penampungan atau shelter sementara bagi warga terdampak. Diketahui, Cina rata-rata mengalami 10 dari 100 tornado yang terjadi di dunia setiap tahun.
 
Sebagian tornado tersebut memang dikategorikan ganas. Bahkan, tahun 2017 sebuah tornado besar yang tak pernah muncul dalam 30 tahun memukul Provinsi Yunnan, yang menyebabkan dampak yang luar biasa. (Jr.)**
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,