Bus Damri ke Bandara Kertajati Digratiskan Selama Setahun

Bus Damri ke Bandara Kertajati Digratiskan Selama Setahun

pemerintah grartikan layanan Bus Damri ke Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka. (foto - ist)

Majalengka - Guna  mendongkrak  pergerakan  penumpang di  Bandara  BIJB  Kertajati,  pemerintah  bakal menggratiskan perjalanan bus Damri menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.
 
Sejauh ini, bandara tersebut telah melayani sebanyak 12 penerbangan domestik. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kebijakan menggratiskan perjalanan menuju BIJB merupakan upaya pemerintah agar mempermudah akses menuju bandara.
 
"BIJB harus digunakan dengan baik dan maksimal. Sambil menunggu Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) jadi, selama setahun pemerintah pusat mensubsidi Damri. Jadi gratis satu tahun," kata Budi Karya seusai meninjau BIJB, Sabtu (6/7/2019).
 
Budi menyatakan, untuk saat ini subsidi perjalanan gratis bus Damri tujuan BIJB berlaku di tiga wilayah, yakni Bandung, Cirebon dan Karawang. "Untuk saat ini yang dari Bandung masih gratis selama sebulan. Setelah itu dilanjut gratis satu tahun," katanya.
 
Seperti diketahui, sebelumnya pihak pengelola bandara mengoperasikan bus Damri gratis relasi Bandung - Kertajati. Program bus gratis sebulan itu hingga saat ini masih berlangsung. "Sementara tiga tempat dulu. Mungkin ada satu lagi kita serahkan ke Dirjen Darat dan Dishub Jabar," katanya.
 
Selain Damri gratis, rencananya pemerintah juga menyediakan layanan jasa eksekutif bagi penumpang asal Bandung yang ingin ke Kertajati. Yakni penerbangan khusus dari Bandara Husein Sastranegara menuju Kertajati dan heli taxi.
 
"Yang flight dari Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati bisa pagi atau lainnya, disesuaikan dengan pesanan. Kemudian heli taxi kemungkinan beroperasi satu sampai dua pekan ke depan. Jadi ada alternatif," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,