Gempa Berskala 7,1 SR di Ternate Dimutakhirkan Jadi 7,0 SR

Gempa Berskala 7,1 SR di Ternate Dimutakhirkan Jadi 7,0 SR

Gempa Berskala 7,1 SR di Ternate Dimutakhirkan Jadi 7,0 SR. (BMKG)

Jakarta - Wilayah  Ternate  Maluku  Utara  diguncang  gempa  berkekuatan 7,1 pada skala Richter  yang dimutakhirkan jadi 7,0 SR, Minggu malam sekitar pukul 22.08 WIB. BMKG merilis peringatan tsunami di sejumlah lokasi.
 
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut dimutakhirkan menjadi 7,0 SR, yang terjadi hanya satu kali. Gempa tepatnya terjadi Minggu malam pukul 22:08:39 WIB.
 
"Magnitudo 7,1 informasi pertama, terus kami update jadi magnitudo 7,0, gempa satu kali aja, hasil update kita mutakhirkan," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Minggu (7/7/2019).
 
Rahmat mengatakan, gempa M 7,1 itu berjenis gempa tektonik. BMKG mengeluarkan level waspada untuk kawasan Minahasa Selatan dan Minahasa Utara bagian Selatan. "Levelnya waspada," sebutnya.
 
Hingga pukul 23.33 WIB menurut Rahmat, BMKG belum mencabut peringatan tsunami tersebut. "Masih (peringatan tsunami)" tegas Rahmat.
 
Sebelumnya dilaporkan, gempa M 7 yang mengguncang barat daya Ternate terasa hingga Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Puluhan pengunjung bioskop di Gorontalo berlarian keluar studio karena gempa.
 
Asisten Supervisor XXI Gorontalo Rahmat Febriansyah Putra mengatakan, ia merasakan gempa saat persiapan penutupan. "Tiba-tiba saya merasakan gempa dan bangunan bergoyang dan melihat penonton berlarian," katanya seperti dilansir Antara.
 
Menurutnya, jika studio XXI berada di lantai tiga sehingga para penonton berlarian keluar untuk turun ke lantai bawah melalui tangga darurat. "Saat ini semua penonton sudah turun, meski tadi sempat panik dan sementara tidak ada kerusakan akibat gempa ini," katanya.
 
Pihak BMKG merilis telah terjadi gempa 7,1 SR dan peringatan potensi tsunami di beberapa lokasi. Pusat gempa berada di laut dengan koordinat 0,50 lintang utara (LU) dan 126,17 bujur timur (BT), atau 135 kilometer arah barat daya Ternate Maluku Utara. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.
 
Namun beberapa menit setelah gempa, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado Sulawesi Utara Edward H Mengko mengatakan, peringatan dini tsunami telah dibarukan menjadi waspada. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,