Mahasiswi Unpad Kaji Potensi Jamur sebagai Anti-Kanker

Mahasiswi Unpad Kaji Potensi Jamur sebagai Anti-Kanker

Tiga mahasiswi Unpad Emilia Vivi Arsita (FMIPA), Tirza Ecclesia Orowitz (Farmasi) dan Melinda Aulia Rachmawati (FMIPA). (foto - unpad)

Bandung - Tiga mahasiswi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melakukan penelitian terhadap senyawa antikanker yang berasal dari jamur. Ketiganya Emilia Vivi Arsita (FMIPA), Tirza Ecclesia Orowitz (Farmasi) dan Melinda Aulia Rachmawati (FMIPA), dengan dosen pembimbing Dra. Asri Peni Wulandari M.Sc.
 
Jamur jenis Cladosporium sp. berhasil didapatkan dari rumput laut Sargassum cinereumyang, yang berasal dari Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Jakarta Utara. Sebelumnya, jamur tersebut banyak diteliti sebagai antimikroba.
 
"Setelah diketahui, jamur Cladosporium sp. efektif untuk tingkat mikroba, kami melakukan penelitian terhadap tingkatan yang lebih tinggi, yakni pada sel kanker. Penelitian tentang pengobatan kanker perlu terus dikembangkan untuk mengurangi efek sampingnya. Salah satunya dengan penemuan senyawa baru antikanker, termasuk jamur  Cladosporium," sebut Emilia Vivi Arsita, yang dilansir laman Unpad.
 
Dalam penelitiannya, metabolit sekunder jamur Cladosporium dijadikan ekstrak lalu dipaparkan pada sel kanker payudara MCF-7. Hasilnya, diketahui ekstrak itu memiliki sifat toksik sehingga menghambat ketahanan hidup sel kanker payudara MCF-7 dan berpotensi sebagai antikanker.
 
Potensi itu harus dikaji lebih jauh lagi, misalnya dengan mengkombinasikan senyawa antikanker dengan obat kemoterapi. Selain berupa ekstrak, Cladosporium juga dapat dikembangkan menjadi bentuk nano agar kerjanya menjadi lebih efektif.
 
"Diharapkan, penelitian ini dapat menginspirasi peneliti lain untuk mengembangkan potensi Cladosporium sp. dan bahan alam lainnya," harap Emilia.
 
Penelitian itu sendiri merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) dari Emilia dan tim, yang mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2019. Judul penelitian yang mereka angkat "Ekspresi Gen Apoptosis MCF-7 Sel Kanker Payudara terhadap Ekstrak  Cladosporium". (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait