Lahar Dingin Sinabung Rendam Puskesmas, Jalan pun Terputus

Lahar Dingin Sinabung Rendam Puskesmas, Jalan pun Terputus

Puskesmas di Desa Kutambaru terendam lumpur akibat banjir lahar dingin Sinabung. (foto - ist)

Karo - Wilayah yang berada di kaki Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumut dilanda banjir lahar dingin Gunung Sinabung. Satu unit puskesmas dan sejumlah ruas jalan pun terputus, Rabu (10/7) malam sekitar pukul 19.00 WIB.
 
"Lahar dingin terjadi akibat hujan deras yang terjadi di lereng dan sekitar desa di Gunung Sinabung," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Peranginangin.
 
Menurutnya, akses jalan yang terputus di antaranya di lintasan menuju Desa Perbaji, akses utama jalan ke Desa Kutambaru, dan jalan penghubung Tiganderket menuju Kutabuluh dan sebaliknya. Untuk menuju ke sejumlah desa itu terpaksa melalui jalur alternatif.
 
Sejauh ini, Natanail belum mengetahui rumah yang rusak akibat lahar dingin itu. Pihak BPBD Karo masih melakukan pendataan di lokasi. "Tidak ada korban jiwa. Jumlah rumah belum terdata, tapi dari relawan kita ada 1 puskesmas di Desa Kutambaru terendam lumpur," katanya.
 
Natanail mengimbau, masyarakat untuk tetap waspada. Sedangkan warga dan pengunjung kembali diingatkan untuk berhati-hati dan menjauhi zona merah Gunung Sinabung.
 
Gunung api tersebut berada pada posisi koordinat 310' LU dan 9823,5' BT, dengan ketinggian puncak 2.460 meter dari permukaan laut. Saat ini peringkat aktivitas Gunung Sinabung berada di Level III (Siaga). (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,