Gubernur Kepri Nurdin Basirun Bersama 5 orang Tiba di KPK

Gubernur Kepri Nurdin Basirun Bersama 5 orang Tiba di KPK

Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama lima orang lainnya tiba di Gedung KPK Jakarta. (foto - ant)

Jakarta - Gubernur  Kepulauan  Riau  (Kepri)  Nurdin  Basirun  bersama  lima  orang  yang  terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT), tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Jakarta, Kamis (11/7/2019). 
 
Selain gubernur, mereka yang terjaring OTT terdiri atas kepala dinas, kepala bidang, PNS dan pihak swasta. Mereka tiba di Gedung KPK secara bertahap menggunakan sejumlah mobil, sejak pukul 14.15 WIB hingga pukul 14.25 WIB.
 
Nurdin Basirun yang mengenakan kacamata dan pakaian dinas warna biru gelap itu tiba terakhir sekitar pukul 14.25 WIB. Ia tampak dikawal petugas Kepolisian dan KPK.Tanpa sepatah kata, Nurdin langsung memasuki Gedung KPK.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, mereka akan menjalani pemeriksaan lanjutan di KPK. "Mereka akan dilanjutkan pemeriksaan intensif," kata Febri. Dalam OTT tersebut, KPK menduga akan terjadi transaksi pemberian uang terkait izin lokasi reklamasi yang melibatkan Gubernur Nurdin.
 
"Informasi yang bisa disampaikan saat ini adalah diduga transaksinya tersebut, terkait dengan kewenangan pemberian izin lokasi untuk rencana reklamasi di Provinsi Kepulauan Riau," katanya.
 
Febri Diansyah menyatakan, selain uang senilai 6.000 dolar Singapura yang diamankan Satgas penyidik, KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam pecahan rupiah dalam OTT di Kepri tersebut.
 
Meski demikian, tim KPK masih menghitung secara terperinci total uang yang diamankan dalam OTT tersebut. KPK punya waktu 1 x 24 jam, untuk menetapkan status hukum 6 orang yang ditangkap dalam OTT di Kepri. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,