Paus 11 M Diketemukan Mati Terdampar di Pesisir Lumajang

Paus 11 M Diketemukan Mati Terdampar di Pesisir Lumajang

Bangkai Paus terdampar di pesisir Dusun Rekasan Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. (foto - Polres Lumajang)

Lumajang - Warga  Dusun  Rekasan  Desa  Bago  Kecamatan  Pasirian  Kabupaten  Lumajang  Jawa  Timur  dikagetkan oleh temuan seekor paus yang mati di Pantai Bambang, pada Kamis 11 Juli 2019. Paus sepanjang sekitar sebelas meter itu dikubur polisi pemerintah desa bersama warga.
 
Mamalia laut mati itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat, Siyo (47 tahun). Saat itu, ia hendak ke sawah yang lokasinya dekat dengan pesisir. Siyo curiga saat melihat benda besar teronggok di pinggir pantai. Ditambah lagi bau menyengat menyeruak di sekitar lokasi.
 
Ia pun mendekat, ternyata benda besar itu paus yang sudah mati. Langsung saja Siyo melaporkan apa yang dilihatnya kepada aparat Dusun Rekasan, lalu ke kantor Kepolisian Sektor Pasirian. Bersama warga, aparat lalu menguburkan paus itu di dekat lokasi ditemukan.
 
"Melihat kondisi ikan paus yang sudah membusuk, dimungkinkan paus sebesar empat kali tubuh orang dewasa itu sudah mati beberapa hari lalu di lautan," kata Kepala Kepolisian Resor Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Muhamad Arsal Sahban.
 
Bangkai paus itu katanya, kemungkinan terombang-ambing di tengah lautan hingga kemudian terdampar di Pantai Bambang. Bisa jadi, mamalia raksasa itu mati karena sudah tua, atau karena kondisi laut yang tercemar. Karena itu ia tak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar menjaga kelestarian laut.
 
"Ke depan, marilah kita jaga alam kita agar hal seperti ini tidak terjadi lagi. Kami juga tetap akan melakukan penyelidikan tentang sebab-sebab kematian paus itu. Apakah ada perburuan paus oleh nelayan atau sebab lain, seperti pencemaran di lautan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,