KPK Sita Uang 3,5 Miliar dari Kamar Rumdin Gubernur Kepri

KPK Sita Uang 3,5 Miliar dari Kamar Rumdin Gubernur Kepri

Penggeledahan di rumah dinas Gubernur Kepri. (foto - ant)

Jakarta -  Penyidik  Komisi  Pemberantasan  Korupsi  (KPK)  menyita uang miliaran rupiah dalam 13 tas, ransel dan kardus dari rumah dinas Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun. Rinciannya, terdapat mata uang rupiah, dolar Amerika Serikat dan dolar Singapura.
 
"Dari 13 tas ransel, kardus, plastik serta paper bag yang ditemukan penyidik mencakup uang senilai Rp 3,5 miliar, 33.200 dolar AS dan 134.711 dolar Singapura dari kamar rumdin gubernur," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019). 
 
Menurut Febri, pihaknya mengendus tidak hanya dari satu orang yang diterima oleh Nurdin Basirun. Namun masih berkaitan dengan suap dan gratifikasi izin proyek reklamasi. "Sejumlah perusahaan atau pelaku usaha di sana (Kepri) berkeinginan untuk mengurus agar mendapat wilayah tertentu," katanya.  
 
Sebelumnya, Febri mengungkapkan daftar lokasi yang digeledah penyidik terkait kasus yang menjerat Nurdin dan tiga orang lainnya. Penggeledahan dilakukan di empat lokasi berkaitan kasus dugaan suap izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut untuk proyek reklamasi, di wilayah pesisir dan pulau kecil Kepri tahun 2018-2019 dan gratifikasi.
 
"Objek yang digeledah antara lain rumah dinas Gubernur Kepulauan Riau, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Kantor Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kantor Kepala Bidang Perikanan Tangkap," tegas Febri. 
 
Alhasil, penyidik mengamankan sejumlah dokumen serta 13 tas dan kardus berisi uang dengan mata uang rupiah dan asing dari rumah dinas gubernur. Selain itu, di lokasi lain KPK mengamankan dokumen terkait perizinan yang relevan dengan kasus yang tengah diusut.
 
Diketahui, pada kasus ini KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka. Yakni Nurdin Basirun, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Kepala Bidang Budi Hartono, dan seorang swasta, Abu Bakar. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,