Gadis Jual Ginjal di Facebook demi Kesembuhan Adik, Viral

Gadis Jual Ginjal di Facebook demi Kesembuhan Adik, Viral

Rina Maelani (19) bersama adiknya Bery Agustustina (16). (foto - ist)

Kubu Raya - Seorang  remaja  penderita  komplikasi  penyakit  bernama  Bery  Agustustina  (16)  telah  dirujuk  ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak Kalimantan Barat. Biaya rumah sakit Bery pun ditanggung BPJS Kesehatan Daerah untuk membantu warga yang membutuhkan.
 
"Pemkab Kubu Raya memberikan bantuan sosial untuk pengobatan Bery, dengan fasilitas BPJS daerah," demikian disampaikan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Jumat (12/7/2019).
 
Menurutnya, sebenarnya Bery telah memiliki BPJS Kesehatan yang terdaftar secara mandiri. Namun, sudah tidak aktif, lantaran tagihan per bulan tidak dibayar. "Saat ini, BPJS mandirinya sudah dipindahkan ke BPJS daerah," kata Muda.
 
Pemerintah daerah lanjutnya, tidak akan mengabaikan warga yang membutuhkan bantuan. Hanya saja, untuk kasus Bery, pihaknya tidak mendapat informasi. Ia mengaku baru tahu kisah Bery, setelah pemberitaan tentang kakak Bery yang akan menjual ginjal untuk biaya pengobatan di media sosial Facebook.
 
"Tidak ada pemberitahuan sebelumnya, baik dari perangkat desa maupun keluarga kepada Pemerintah Kubu Raya terkait masalah itu," tegas Muda.
 
Setelah mendapat informasi itu, ia memerintahkan Dinas Kesehatan Kubu Raya untuk segera merujuk Bery dan memberi bantuan sosial. Diharapkan, jika ada ada peristiwa serupa, masyarakat tidak sungkan untuk datang ke Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial.
 
Muda mengatakan, warga tidak perlu melakukan hal-hal ekstrem seperti menjual ginjal. "Ke Dinas Kesehatan bawa surat keterangan tidak mampu dari desa. Nanti Dinas Sosial yang mendata dan Dinas Kesehatan yang eksekusi," katanya.
 
Seperti diketahui Rina Maelani (19), warga Desa Radak Baru Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat viral di media sosial. Lewat akun Facebook-nya, Rina mengunggah keinginan menjual ginjalnya untuk biaya pengobatan adiknya yang sakit parah selama setahun terakhir.
 
Pemilik akun Facebook Rhina Golden itu ingin adiknya segera sembuh dari penyakitnya. "Memang sudah lama mau  jual ginjal saya, sempat buat tulisan dan mau keliling kota untuk menjual ginjal saya, tapi dilarang orangtua. Kemarin saya buat di Facebook, tanpa sepengetahuan orangtua saya," aku Rina.
 
Anak kedua dari lima bersaudara itu berniat menjual ginjalnya untuk pengobatan sang adik, yang menderita sakit paru-paru, hati dan penyakit lainnya.
 
"Saya hanya mau adik saya sembuh, gimana pun caranya. Karena kurang biaya, saya mau jual ginjal saya agar adik saya bisa berobat dan sembuh. Harapannya adik saya bisa sehat kembali, biar tidak kurus dan tidak kesakitan begini," kata Rina. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,