Gempa 5,5 SR Guncang Sumbawa Rumah Warga dan Pura Roboh

Gempa 5,5 SR Guncang Sumbawa Rumah Warga dan Pura Roboh

Pura Semare Budhi di Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa NTB roboh. (foto - ist)

Mataram - Gempa bumi berkekuatan 5,5 pada skala Richter (SR) yang dimuktahirkan menjadi 5,3 SR  berdampak terhadap desa di Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa, Sabtu (13/7/2019) sekitar pukul 01.01 Wita.
 
Tiga desa yang terdampak yakni lain Desa Labangka, Desa Sekokat dan Desa Sukadamai. Berdasarkan informasi dari badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa mengguncang 70 kilometer arah tenggara Kota Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Gempa yang berpusat pada kedalaman 43 kilometer tersebut berdampak di tiga desa di Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa. Tiga desa itu, antara lain Desa Labangka, Desa Sekokat dan Desa Sukadamai.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB Ahsanul Khalik mengatakan, gempa yang berpusat pada kedalaman 43 kilometer itu merusak empat rumah warga di Desa Labangka. Sebagian besar retak pada tembok.
 
Bahkan, Pura Semare Budhi di desa itu mengalami kerusakan dan beberapa bangunan pura roboh. Di Desa Sekokat, satu rumah warga rusak pada plafon dan tembok retak. Kemudian di Desa Sukadamai tembok sebuah gedung puskesmas retak, meski tidak ada korban jiwa.
 
BMKG mencatat, hingga pukul 08.00 WIT telah terjadi 29 kali gempa susulan. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah basement Kepulauan Sunda Kecil.
 
"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme naik (thrust fault)," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,