Wajib, Satu Rumah Satu Tempat Sampah

Wajib, Satu Rumah Satu Tempat Sampah

Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (Foto : Cikalnews/Ade)

Bandung – Walikota Bandung Ridwan Kamil mewajibkan RT dan RW se Kota Bandung memberikan pengarahan kepada warganya perihal kebersihan lingkungan. Upaya itu dilakukan dengan cara mensosialisasikan program 1 tempat sampah untuk 1 rumah.

Menurut Walikota, para Lurah hingga RT wajib melakukan blusukan untuk memantau kebersihan lingkungan. Mereka harus mengecek setiap rumah warganya apakah ada tong sampah atau tidak.

“Lurah sampai RT harus rutin turun ke lapangan pantau kebersihan lingkungan. Jika ada rumah warga tak punya tempat sampah maka harus diberi imbauan, karena satu rumah diwajibkan punya satu tempat sampah. Minimal kantong plastik sampah itu harus ada,” tutur  Ridwan Kamil, Minggu (30/11/2014).

Selain tempat sampah di setiap rumah, Walikota juga mewajibkan di setiap RW harus ada petugas kebersihan yang menetap dan rutin. “Setiap RW dan RT harus punya petugas kebersihan yang menetap dan rutin. Mereka yang nantinya akan bertanggung jawab atas pengangkutan sampah,” ungkapnya.

Jika kebersihan dijaga mulai dari yang terkecil yaitu lingkungan RT, diharapkan dampak ini bisa terus menyebar ke lingkup yang lebih besar. Pahlawan kebersihan atau lebih dikenal Prabu akan mengawasi aktifitas masyarakat, dalam membuang sampah di lingkungan sekitarnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:ridwan-kamil,