'Embun Bajra' Rusak Pucuk Daun Teh di Kertasari Bandung

'Embun Bajra' Rusak Pucuk Daun Teh di Kertasari Bandung

Embun yang membeku menjadi es menempel di pucuk teh di wilayah perkebunan Kertasari Kabupaten Bandung. (foto - screenshot)

Bandung  -  Tanaman  teh  yang  berada  di Perkebunan Teh  PTPN  VIII  wilayah  Kertasari  Kabupaten  Bandung  rusak, terpengaruh cuaca ekstrem beberapa hari belakangan. Setelah dihantam fenomena embun membeku, pucuk daun teh mengering dan menghitam.
 
Mengeringnya pucuk teh tersebut setelah embun yang menempel di daun membeku, khususnya tanaman teh yang berada di wilayah perkebunan teh Desa Tarumajaya dan Desa Santosa Kecamatan Kertasari.
 
Berdasarkan keterangan Igin, salah satu mandor perkebunan teh di Desa Tarumajaya menyatakan, dampak itu terjadi karena peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Warga setempat menyebut embun membeku tersebut dengan sebutan "Embun Bajra".
 
"Pucuk daun teh jadi rusak oleh embun bajra, akhirnya daun pun menjadi kering," katanya, Kamis (18/7/2019). Menurutnya, pucuk teh yang membeku dan dilapisi es itu menjadi mengering dan menghitam, setelah terkena sinar matahari hingga pucuk teh  tidak dapat dipanen.
 
"Pertumbuhan daun dan batangnya menjadi coklat dan mengalami stres. Meski masih bisa dipanen,  kualitasnya jelek," tegas Igin. Namun kondisi sekarang ini lebih baik jika dibandingkan dengan yang terjadi tahun lalu.
 
Sebab, suhu ekstrem di perkebunan Teh Kertasari mengalami suhu terendah hingga minus 4 derajat Celcius. Embun es itu tidak hanya merusak pucuk daun teh, tapi juga merusak tanaman sayuran lainnya milik warga.
 
Daun tampak mengering dan layu setelah diliputi embun es. "Teh saja yang notabene sebagai jenis tanaman keras bisa rusak, apalagi tanaman berbagai sayuran lainnya yang bukan tanaman keras dipastikan rusak juga," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait