BNN Sita Pengiriman 38 Kg Sabu asal Malaysia di Kaltara

BNN Sita Pengiriman 38 Kg Sabu asal Malaysia di Kaltara

BNN sita pengiriman 38 Kg sabu asal Malaysia di Kaltara. (foto - ant)

Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai berhasil mengamankan narkotika jenis sabu sebanyak 38 kilogram, yang masuk dari Malaysia di Tanjung Selor Kalimantan Utara (Kaltara).
 
Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menyatakan, penangkapan sindikat narkoba jenis sabu itu berawal dari informasi masyarakat. Menurut info, akan ada transaksi narkoba dalam jumlah besar yang dikirim dari Tawau Malaysia tujuan Samarinda Kalimantan Timur.
 
Pengiriman narkoba itu melalui lewat laut melalui Tawau -Sebatik Tarakan dan Tanjung Selor. Atas informasi itu, tim BNN bersama Bea Cukai Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara melakukan penyelidikan bersama serta pengawasan di Lintas Darat Tarakan, Jalur Laut dan Perbatasan Tanjung Selor.
 
"Hasil penyelidikan diketahui, pada Sabtu 20 Juli 2019 dinihari, telah terjadi pengangkutan dan serah terima narkoba dari kapal ke kapal (ship to ship) di tengah laut perbatasan Indonesia - Malaysia, dan kapal penerima langsung menuju Tanjung Selor," kata Arman Depari dalam keterangannya, Minggu (21/7/2019).
 
Ia menyatakan, tim kemudian melakukan pengembangan dan pendalaman dengan mengikuti alur narkoba, yang sempat sudah dipindahkan dari kapal pengangkut ke sebuah mobil kijang jenis Innova berwarna putih.
 
"Tim kemudian melakukan pengejaran mobil dibantu Sat Lantas Polres Tanjung Selor. Di jalan raya Jelaray Tanjung Selor, petugas BNN berhasil menghentikan kendaraan itu, namun salah satu penumpang melarikan diri," katanya.
 
Dari penangkapan, petugas berhasil mengamankan satu orang tersangka asal Samarinda Kalimantan Timur, bernama Achmad Fathoni. Dari tangan tersangka petugas mendapatkan dua tas besar, masing-masing berisi 19 bungkus plastik narkoba jenis sabu.
 
Total 38 bungkus plastik sabu dengan seberat 38 kg, termasuk juga disita sebuah handphone merk iPhone 7. "Tersangka dan barang bukti sabu 38 kg diamankan sementara di Polres Tanjung Selor. Hal itu akan dikembangkan lebih lanjut untuk mengejar pelaku yang kabur. Saat ini tim BNN sedang berusaha mengungkap jaringannya," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,