Ribuan Pendemo Anti-Ekstradisi Duduki Bandara Hongkong

Ribuan Pendemo Anti-Ekstradisi Duduki Bandara Hongkong

Ribuan Demonstran Anti-Ekstradisi Duduki Bandara Hongkong. (foto - Twitter)

Hongkong  -  Ribuan   demonstran   menggelar   unjuk   rasa  di   bandara   Hongkong   hingga   membuat   aktivitas  di   salah   satu  bandara tersibuk di Asia tersebut terganggu.
 
Dilansir the Straits Times, Jumat (26/7/2019) para demonstran membawa spanduk bertuliskan protes atas rancangan undang-undang ekstradisi. Mereka memenuhi aula kedatangan di bandara agar para warga asing yang baru datang melihat unjuk rasa itu.
 
Para demonstran duduk di lantai bandara dan sebagian meneriakkan slogan seperti 'Yang ada hanya tirani, bukan perusuh' dan 'Ayo Hong Kong'. Pihak bandara mengatakan, aktivitas di bandara masih belum terpengaruh.
 
Namun, mereka menyarankan para penumpang untuk datang lebih awal dari jadwal biasanya. Sejumlah satuan keamanan dan petugas juga dikerahkan untuk mengawal unjuk rasa itu. Sejumlah pramugari dan pegawai penerbangan pun larut dalam unjuk rasa itu.
 
 
Serikat Pramugari Maskapai Cathay Pacific Airways lewat Facebook menyerukan anggotanya, untuk ikut berdemo dan saling menjaga satu sama lain. Dua pramugari yang ikut dalam unjuk rasa itu mengatakan, mereka ingin memberi dukungan kepada gerakan demonstran dalam bentuk apa pun yang bisa dilakukan.
 
"Sebagai orang Hongkong, kami tidak rela melihat kota kami menjadi seperti ini maka kami harus membela Hongkong. Harusnya ada perubahan supaya Hongkong bisa punya masa depan," kata pramugari bernama Hannah.
 
Tak hanya berunjuk rasa, massa juga membagikan pamflet dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Mandarin dan Korea kepada para pengunjung bandara. bahkan, salah satu pendemo memperlihatkan sebuah peta yang memuat informasi lokasi yang menjadi pusat demo, termasuk Kantor Pemerintah Pusat, Taman  Tamar dan Mongkok.
 
"Ini ada beberapa lokasi yang mewakili Hongkong, Anda bisa merasakan semangat gerakan anti-RUU Ekstradisi di sini," demikian keterangan dalam peta. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,