50 Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan Rakyat Gunung Arjuna

50 Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan Rakyat Gunung Arjuna

Kebakaran hutan rakyat di lereng Gunung Arjuna Batu Jatim. (foto - ist)

Kota Batu - Taman Hutan Rakyat (Tahura) di lereng Gunung Arjuna yang berada di sisi selatan Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jatim terbakar, Minggu (28/7/2019). Sedikitnya 50 orang pendaki dilaporkan masih berada di sekitar gunung itu.
 
Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama petugas Tahura, Perhutani dan warga langsung bergerak menuju titik kebakaran untuk penanganan.
 
"Kami kerahkan 30 orang ke lokasi titik api. Mereka dari personel BPBD, personel Tahura, Perhutani serta warga sekitar," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.
 
Menurutnya, saat kebakaran setidaknya ada 50 pendaki yang sedang mendaki Gunung Arjuna. "Laporannya ada sekitar 50 pendaki di atas, kami masih cek dan koordinasi lagi. Kami juga terkendala kurangnya petugas di Pos Perizinan pendakian Arjuna-Welirang di Sumber Brantas Batu," katanya.
 
Hingga Minggu sore ini, belum ada laporan mengenai titik lokasi keberadaan 50 pendaki Gunung Arjuna. Mereka diperkirakan terpencar.
 
Dalam sepekan terakhir, sudah dua kali gunung di Kota Batu itu terbakar. Selain Gunung Arjuna, akhir pekan lalu lereng Gunung Panderman yang berada dalam wilayah administrasi kota itu pun terbakar. Sedikitnya 70 hektar hutan lindung di gunung itu hangus.
 
Kebakaran tersebut baru berhasil dikendalikan, setelah tiga hari dilakukan upaya pemadaman oleh petugas tim gabungan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,