Emil Tunjuk Daud Achmad sebagai Plh Sekda Jabar

Emil Tunjuk Daud Achmad sebagai Plh Sekda Jabar

Ridwan Kamil resmi tunjuk Daud Achmad sebagai Plh Sekda Jabar. (foto - ist)

Bandung - Iwa Karniwa resmi mengajukan cuti selama 3 bulan untuk mengikuti proses hukum, setelah KPK menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus suap Meikarta oleh KPK. Gubernur Jabar Ridwan Kamil langsung menunjuk Pelaksana harian (Plh) Sekda Jabar.
 
Untuk itu, Ridwan Kamil resmi menunjuk Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Sosial Pemprov Jabar Daud Achmad, sebagai Plh Sekda Jabar selama masa cuti Iwa Karniwa.
 
Menurut Emil, sejauh ini pihaknya sudah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait pemilihan plh tersebut. Menurut pemerintah pusat, Pemprov Jabar bisa mendelegasikan persoalan administrasi kepada Asisten Daerah Bidang Administrasi Pemprov Jabart Daud Achmad.
 
"Sudah berkonsultasi dengan Kemendagri, sarannya agar Pak Iwa fokus menyelesaikan permasalahan tersebut. Sedangkan urusan pemerintah akan didelegasikan kepada Pak Daud Achmad selaku asisten daerah," kata Emil di Bandung, Selasa (30/7/2019).
 
Menurutnya, status plh diberlakukan sampai waktu yang belum ditentukan hingga adanya penetapan pejabat definitif. "Karena ada aturan yang harus dipatuhi terkait pemberhentian atau pemberhentian sementara ASN, yang punya implikasi secara hukum," katanya.
 
Meski bersifat plh, Emil memastikan hal itu tidak akan mengganggu proses administrasi di Pemprov Jabar. "Rapat anggaran dengan dewan dan hal-hal yang sifatnya butuh atensi, sudah didelegasikan dan dilaksanakan dengan baik," tegasnya. 
 
Seperti diketahui, Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Iwa diduga menerima Rp 900 juta, terkait dengan pengurusan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi.
 
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyampaikan, Iwa Karniwa diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,