Terkuak, penyebab truk tanah timpa mobil tewaskan 4 orang

Terkuak, penyebab truk tanah timpa mobil tewaskan 4 orang

Kecelakaan truk angkut tanah timpa Daihatsu Sigra di kawasan Karawaci Tangerang. (foto - Instagram)

Tangerang  -  Kecelakaan   maut  melibatkan  truk  pengangkut  tanah  dengan   mobil  Daihatsu  Sigra  terjadi  di  kawasan Karawaci Tangerang, pada Kamis 1 Agustus 2019. Empat penumpang mobil Sigra tewas, dan satu penumpang balita berusia 11 bulan selamat.
 
Kasat Lantas Kota Tangerang AKBP Juang Andi Priyanto menyatakan, kecelakaan tersebut berawal ketika truk bermuatan tanah tersebut melaju dari arah Pinangsia menuju Kota Tangerang.
 
Berdasarkan aturan, truk berukuran besar dilarang melintas di jalan protokol Kota Tangerang pada pukul 05.00 - 21.00 WIB. Sopir pun menghentikan truknya untuk menghindari razia polisi karena mengetahui ada petugas yang berjaga.
 
"Jam 05.00 WIB - 21.00 WIB, truk berukuran besar tak boleh lewat. Dia berhenti untuk menghindari razia saat mengetahui ada petugas. Kecelakaan itu sendiri terjadi sekitar pukul 15.30 WIB," kata Juang, Jumat (2/8/2019)Setelah merasa aman, truk itu pun melanjutkan perjalanan, namun as roda dan menyebabkan truk oleng hingga tak dapat dikendalikan.
 
Truk akhirnya terguling ke arah kanan. Nahas, dari kanan sedang melaju mobil Daihatsu Sigra warna putih dari arah berlawanan. Truk bermuatan tanah itu terguling dan menimpa mobil Daihatsu Sigra hingga hancur. Mobil Sigra itu pun terkubur beberapa inci ke dalam tanah setelah tertimpa truk.
Mobil Daihatsu Sigra hancur tertimpa truk tanah di  kawasan Karawaci Tangerang. (foto - Instagram)
 
 
Juang menduga, truk bermuatan tanah tersebut dalam kondisi tak layak jalan. "Truk tanah tersebut sebenarnya sepertinya tak layak jalan namun dipaksakan jalan. Akibatnya, as roda truk patah dan menghantam mobil," katanya.
 
Atas kejadian nahas tersebut, empat orang penumpang mobil Daihatsu Sigra meninggal dunia dan seorang balita berusia 11 bulan selamat di dekapan ibunya. Korban tewas Fatmawati (40), Wandi (22) dan Nanda Saputra (24), keduanya merupakan adik Fatmawati, dan pengemudi yang merupakan mitra Grab, Edy.
 
Sementara Aisyah, anak Fatmawati yang berusia 11 bulan selamat dari kecelakaan tersebut. Sejumlah warga langsung berkerumun sesaat kecelakaan itu terjadi. Mereka juga tampak mengabadikan momen di lokasi kejadian.
 
Diketahui, Fatmawati saat itu duduk di belakang kursi supir dan melindungi anaknya dengan cara mendekap tubuh balita itu. Mengetahui kejadian itu, warga langsung bergegas untuk menyelamatkan sang balita.
 
Warga menyelamatkan korban kecelakaan dengan menggunakan cangkul dan alat seadanya. "Sekitar jam 6 pagi, ibunya masih hidup dan bergerak. Bahkan, Fatmawati (ibunya) sempat nyerahkan anaknya ke warga lewat jendela mobil sebelah kiri," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,