Gempa Kuat 7,4 SR Landa Banten Picu Gelombang Tsunami

Gempa Kuat  7,4 SR Landa Banten Picu Gelombang Tsunami

Gempa Kuat 7,4 SR Landa Banten Picu Gelombang Tsunami. (BMKG)

Jakarta - Wilayah  barat  daya  Sumur  Provinsi   Banten  diguncang  gempa  kuat  berskala  7,4  pada  skala  Richter  (SR), Jumat (2/8/2019) malam sekitar pukul 19.03 WIB. Gempa berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.
 
Berdasarkan keterangan dari Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Jumat malam tersebut tepatnya terjadi pada pukul 19:03:21 WIB.
 
Dilaporkan, getaran gempa tersebut dirasakan warga khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten hingga 10 detik. Gempa juga terasa di wilayah Jawa Barat dan Lampung. 
 
"Potensi tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat," demikian keterangan dari BMKG pada pukul 19.07 WIB. Gempa terjadi pada kedalam 10 kilometer, tepatnya terjadi di koordinat lokasi 7.54 lintang selatan (LS) dan 104.58 bujur timur (BT). Atau sekitar di 147 kilometer  barat daya, Sumur Banten.
 
Gempa kuat itu juga terasa hingga wilayah DKI Jakarta (Jabodetabek) hingga Depok. Guncangan gempa tersebut terasa sekitar 2 hingga 3 menit. Bahkan, warga di Kota Bandung dan sekitarnya pun merasakan getaran gempa. (Jr.)**
 
.

Categories:Nasional,
Tags:,