Chile pun Diguncang Gempa 6,8 SR Selama Beberapa Menit

Chile pun Diguncang Gempa 6,8 SR Selama Beberapa Menit

Chile diguncang gempa berkekuatan 6,8 SR selama beberapa menit. (foto - google)

Valpariso - Wilayah pesisir Chile diguncang gempa berkekuatan 6,8 Pada skala Richter, Jumat kemarin mengguncang pesisir Chile. Gempa awalnya dilaporkan berkekuatan 6,5 SR itu berlokasi di 140 kilometer sebelah barat daya pesisir Kota Valpariso.
 
Dilansir Reuters, Jumat (2/8/2019) berdasarkan laporan dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, kedalaman gempa tersebut dikatakan tidak jauh dari dasar laut.
 
Kantor Darurat Nasional Chile melaporkan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan, korban jiwa atau luka. Pemerintah masih memantau situasi. Informasi Angkatan Laut Chile juga menyatakan, gempa itu tidak berpotensi tsunami.
 
"Gempanya lama dan kuat. Cukup kuat sampai membuat saya harus pindah ke daerah aman," kata seorang warga Chile di laman resmi Pusat Seismologi Eropa-Mediterania. "Gempa cukup lama, berlangsung beberapa menit dan kuat sekali," katanya.
 
Chile selama ini punya sejarah gempa mematikan karena berada di Cincin Api Pasifik. PAda 2010 gempa magnitudo 8,8 di lepas pantai sebelah selatan memicu tsunami, yang meluluhlantakkan kota di pesisir pantai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,