Blok Goa Walet Terbakar Jalur Pendakian G. Ciremai Ditutup

Blok Goa Walet Terbakar Jalur Pendakian G. Ciremai Ditutup

Kebakaran di Blok Goa Walet dekat puncak Gunung Ciremai Kuningan Jabar. (foto - ist)

Kuningan - Balai  Taman  Nasional  Gunung  Ciremai  menutup  seluruh  jalur  pendakian ke Gunung  Ciremai yang berada di Kabupaten Kuningan Jabar mulai 7 Agustus. Penutupan jalur pendakian dilakukan terkait kebakaran hutan di Blok Goa Walet dekat Puncak Gunung Ciremai, sekitar pukul 13.00 WIB.
 
"Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menutup kegiatan pendakian untuk umum pada 4 jalur pendakian Gunung Ciremai. Yakni jalur Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggarjati (Kuningan) dan Linggasana (Kuningan)," kata Kepala Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono, Rabu (7/8/2019) malam.
 
Kuswandono menjelaskan, penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Pendaki bisa mendapatkan pengembalian biaya administrasi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi), bagi telah melakukan booking online.
 
"Pendaki yang sudah melakukan booking online, dapat konfirmasi kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian dengan melampirkan bukti booking dan transfer," katanya.
 
Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kuningan menyebutkan, kepulan asap mulai terlihat pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka.
 
Pihak BPBD Kuningan sendiri telah melakukan koordinasi dan pemantauan khususnya di Jalur Palutungan. BPBD Kuningan juga berupaya mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik jalur Apuy, Palutungan maupun jalur Linggarjati. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,