Anak Idap Sindrom Williams, Dede ogah Berobat ke Amerika

Anak Idap Sindrom Williams, Dede ogah Berobat ke Amerika

Dede Sunandar dan Karen Hertatum. (foto - Instagram)

Jakarta - Ladzan  Syafiq  Sunandar,  anak  kedua  komedian Dede Sunandar mengidap penyakit langka Williams Syndrome (Sindrom Williams). Hal itu pertama kali diketahui dari unggahan Instagram sang istri, Karen Hertatum.
 
Lewat postingannya, Karen menceritakan bagaimana cerita awal kelahiran putra bungsunya, pada 11 Februari 2018 dengan berat 2,5 kilogram dalam keadaan normal. Ia juga menyatakan, Ladzan langsung menangis seperti bayi pada umumnya.
 
Namun, berselang 2 hari kelahirannya salah seorang dokter anak menyebutkan ada kelainan pada jantung putranya itu. "Setelah 2 hari Ladzan lahir, dokter anak yang periksa bilang ada yang lain di jantung Ladzan, tapi dokter enggak menjelaskan apapun. Mungkin saya yang salah dengar". Tanpa membahas lagi apa yang ia khawatirkan," demikian tulis Karen dalam Instagramnya, Jumat (9/8/2019).
 
Unggahan tersebut ternyata mendapat respons dari orang Amerika, yang ingin membantu kesembuhan putra pasangan Dede Sunandar dan Karen Hertatum. Namun demikian,  Dede harus pergi ke Amerika untuk pengobatan tersebut.
 
"Karen bikin postingan, anak Dede punya penyakit yang bisa di-sharing sama orang-orang, dan orang Amerika itu tiba-tiba follow Reren, pakai bahasa Inggris cuma kalau diartiin anak kita diajak ke Amerika, pengobatan dari sana," ujar sebut Dede lewat tayangan YouTube Okay Bos Trans 7.
 
"Masalahnya, kita tinggal di sana dengan siapa, udah enggak usahlah, kalau Allah ngasih ujian buat Dede, kalau Dede mampu sampai kapan pun sampai enggak ada, sampai jual segala organ tubuh Dede untuk kesembuhan anak Dede enggak masalah," akunya.
 
Komedian yang akrab disapa Dede OB (office boy) menyatakan, Williams Syndrome sendiri merupakan kelainan genetik yang memengaruhi banyak bagian tubuh. Saat tahu putranya mengidap penyakit langka, Dede pun terkejut. Apalagi, si kecil harus menjalani beberapa tahapan operasi, di usia 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun dan 23 tahun.
 
"Iya dia punya penyakit yang beda. Jadi kaya dari jantung, paru-paru sampai lambung ada masalah sehingga harus dioperasi," katanya. Di usia putranya yang kini menginjak 1 tahun 4 bulan, Dede mengakui sudah melakukan berbagai cara semaksimal mungkin agar putranya sembuh.
 
"Kalau tindakan yang dilakukan keluarga sampai saat ini pun sudah maksimal dan harus dicek setiap bulannya. Untuk itu, pada akhir Agustus nanti rencananya Ladzan akan mulai melakukan pengobatan di rumah sakit, Dede pun rela mengantre demi pengobatan sang anak.
 
"Iya akan menjalani pengobatan akhir Agustus nanti. Dede pun gunakan BPJS lumayan 30 persen meski harus nunggu. Melihat putranya yang akan dioperasi, Dede pun menyampaikan pesan haru kepada seluruh keluarganya. Dengan mata yang berkaca-kaca ia berjanji akan melakukan apa pun untuk kesembuhan putranya.
 
"Buat istri Dede, Karen Hertatum yang sabar namanya juga cobaan. Harus ikhlas kalau terjadi yaudah. Buat Arjuna cepat tumbuh dewasa maaf kemarin papa belum bisa ngerayain ulang tahunnya. Buat Ladzan cepat sembuh pokoknya bapak berusaha yang terbaik untuk Ladzan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,